40+ Khasiat dan Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kulit

Lemon biasa kita temui sebagai jus/minuman penyegar pendamping menu makan Anda. Selain itu air perasan lemon juga dapat digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Disamping itu banyk yang menyebutkan bahwa buah lemon terkandung berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh, terutama kulit.

manfaat, khasiat, manfaat lemon, khasiat lemon, manfaat lemon untuk wajah, manfaat lemon untuk rambut, manfaat lemon untuk kesehatan, manfaat lemon dan madu
Khasiat dan Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kulit

Adapun 40+ Khasiat dan Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kulit yaitu :



Manfaat Lemon untuk Mengurangi ketombe

Sari jeruk lemon, campurkan dengan minyak zaitun hangat.  Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air dan gunakan conditioner rambut. Manfaat lemon akan membuat ketombe berkurang dan manfaat minyak zaitun memberikan kelembaban alami rambut. Tentusaja dengan pemakaian yang teratur.



Memperkecil pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang terlihat agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, dan jangan sari jeruk lemon, jangan sampai lebih dari satu minggu.




Masker lemon mencerahkan kulit

Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.



Mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut

Potongan jeruk lemon dapat mengatasi masalah ini. Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan hingga meresap ke kulit. Tidak perlu di bilas dengan air kembali.




Vitamin C dan Berat Badan

Di tulis dalam artikel yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” pada tahun 2005, vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan hasil bahwa, asupan vitamin C yang cukup membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh dan berguna sebagai energi. Manfaat buah-buahan kaya akan kandungan vitamin C, begitu juga di dalam buah lemon yang tinggi dan merupakan alasan untuk efek yang kuat dari kombinasi ini.




Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Terkadang makanan yang kita konsumsi, tidak semuanya mengandung zat yang baik. Zat racun yang berbahaya dan menumpuk pada tubuh ini, tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi jus lemon, membantu menghilangkan racun tersebut dan mengeluarkannya bersamaan dengan sisa metabolisme lain.



Manfaat Lemon untuk Merawat Kesehatan Mulut

Lemon dapat digunakan dalam pembersihan rutin gigi, namun jauhkan pasta gigi yang mengandung lemon pada mata. Jus lemon dapat diterapkan pada bagian gigi yang sakit, dapat membantu dalam menyingkirkan rasa sakit.




Menghentikan Perdarahan Internal

Kandungan antiseptik di dalam buah lemon mampu menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas kecil pada air perasan lemon dan letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.



Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tidak hanya tanaman herbal seperti manfaat jahe yang mampu meredakan batuk, namun lemon sangat bagus untuk mengatasi penyakit tonsilitis (teggorokan). Cukup dengan kumur pada air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok teh jus lemon. Untuk batuk dan pilek, berikan air hangat yang telah ditambahkan sedikit manfaat madu. Untuk asma, setengah sendok teh jus lemon, dengan secangkir air hangat sebelum makan.





Manfaat Lemon untuk Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium di dalam lemo sama dengan yang terdapat manfaat pisang, yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk kedua pikiran dan tubuh. sehingga buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres mental dan masalah depresi.





Melancarkan Pencernaan

Pembuangan sisa pencernaan dapat lebih mudah dengan konsumsi jus lemon secara teratur. Lemon meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur sehingga menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga minuman yang baik setelah makan siang atau makan malam. Lemon juga membantu masalah pencernaan lain seperti mual ketika naiknya asam lambung, namun berhati-hati karena lemon tidak cocok dengan susu. Tambahkan jus lemon ke dalam air hangat dan minum sebagai hal pertama di pagi hari.




Meningkatkan mood. 

Peneliti dari McGill University menunjukkan hasil penelitiannya bahwa pemberian suplemen vitamin C (sebanyak 500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin C, berkhasiat meningkatkan suasana hati (mood) mereka.



Membuat nafas segar. 

Aroma lemon terbukti mampu mengangkut aroma yang tidak sedap di dalam mulut, sehingga mulut menjadi segar. Namun jangan terlalu sering berkumur dengan air lemon, karena bisa merusak email gigi. 



Mengatasi nyeri inflamasi. 

Buah lemon bermanfaat untuk melawan asam urat secara alami, dengan mengurangi kehadiran kristal yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh. Mempercepat proses penyembuhan. Kandungan vitamin C pada lemon berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pemulihan. Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi.




Mencegah sesak nafas atau asma

Asma atau sesak nafad bisa dicegah dengan mengkonsumsi kandungan vitamin C yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C yang mencukupi untuk tubuh, ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan dengan mereka jarang mengkonsumsi vitamin C (mengkonsumsi tetapi tidak teratur).



Manfaat Lemon Untuk menurunkan berat badan

Lemon sering digunakan oleh orang-orang yang melakukan diet. Air perasan lemon dapat mengurangi berat badan. Lemon juga membantu untuk memperlancar metabolisme tubuh. Untuk menggunakannya sebagai penurun berat badan, pertama-tama campurkan jus lemon dengan sedikit madu dan air, setelah itu minum dua kali sehari, atau boleh juga sekali sehari, tergantung kondisi dan keadaan. Beberapa penelitian awal menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi lemon mampu untuk menekan nafsu makan dan juga menurunkan berat badan.




Melawan radikal bebas. 

Di dalam lemon terdapat kandungan antioksidan (vitamin C) yang berkhasiat untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari timbulnya pemicu kanker. Vitamin C dan antioksidan ini yang paling utamak dibutuhkan kulit, karena dapat menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari (yang berlebihan), serta karena faktor usia.




Sebagai sabun cuci muka (facial foam)

Umumnya orang-orang menggunakan facial foam untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Tetapi facial foam yang merupakan buatan pabrik, (seperti diketahui) tentunya banyak mengandung bahan-bahan kimia, yang bisa memberikan resiko bagi kulit.Untuk itu ada cara alami dalam membersihkan wajah. Seperti menggunakan buah lemon.




Mengatasi bibir pecah-pecah. 

Kandungan vitamin C di dalam lemon berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir.Keberaaan sel-sel kulit mati itulah yang membuat bibir kering. Oleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan maka berangsur angsur bibir akan segar kembali.



Kesehatan hati

Mengkonsumsi air lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Dimana buah lemon ini akan membantu proses detoksifikasi organ vital hati, yang merangsang produksi empedu, melarutkan asam urat, dan membuang racun. Asam sitrat yang terkandung di dalam lemon brkhasiat untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati, yang dapat memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing.



Mengatasi kanker

Hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa ekstrak lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel-sel ganas dalam berbagai jenis kanker di tubuh, termasuk kanker usus, kanker payudara dan kanker paru-paru. Pada beberapa penelitian yang dilakukan para ahli, memperoleh hasil penelitian bahwa lemon mampu untuk menghancurkan kanker dengan efektif, bahkan lebih efektif dibandingakan kemoterapi, disamping pemanfaatan lemon ini juga bersifat alami.




Kesehatan otak

Pada kulit lemon terkandung zat phytonutrient, atau yang disebut dengan tangeretin, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah pada otak seperti penyakit Parkinson. Selain itu juga bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak.




Kesehatan jantung dan mencegah stroke

Pada buah lemon terkandung vitamin C, yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin C ini berperan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu berfungsi untuk membantu tercukupnya HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh, dengan manfaatnya ini maka mengkonsumsi buah lemon sangat baik untuk kesehatan jantung.




Mengatasi rambut dan ketombe 

Lemon memiliki khasiat yang positif untuk rambut, seperti untuk mengatasi rambut rontok. Penyebab terjadinya rambut rontok biasanya karena ketombe dan kerusakan pada akar rambut. Untuk menghilangkan ketombe serta menguatkan akar rambut. Caranya dengan menggunakan air lemon untuk masker sebelum Kamu melakukan keramas. Usapkan air lemon secara rata pada rambut (sembari dipijat), setelah itu diamkan sekitar 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Setelah itu, barulah melakukan keramas menggunakan shampo seperti biasa.



Manfaat Lemon untuk Membersihkan usus. 

Umumnya masyarakat sekarang ini (apalgi yang hidup di kota-kota besar), dalam menkonsumsi makanan memiliki jenis makanan fast food atau makanan cepat saji yang perlu diketahui, bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji memberikan akibat buruk terhadap kesehatan, utamanya pada organ usus besar.




Memutihkan gigi. 

Kandungan kalsium juga terdapat pada perasan air lemon, yang bisa Kamu gunakan sebagai cairan pemutih gigi.Tetapi jangan lakukan ini terlalu sering, karena kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.



Menyeimbangkan keasaman (pH) tubuh

Dimana tubuh manusia cenderung bersifat asam (ph rendah) yang mengakibatkan tubuh beresiko terserang penyakit, yang cukup sering yaitu asam urat asam lambung. Adapun lemon sebenarnya ketika masuk ke dalam tubuh, berubah menjadi basa. Yang memiliki manfaat sebagai alkalize darah. Sehingga dengan mengkomsumsi lemon hangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan basa yang seimbang.



Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada buah lemon terdapat cukup banyak kandungan vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, parasit, jamur, dan virus.




Menghilangkan komedo

Kandungan di dalam buah lemon dapat mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo di wajah, sehingga kulit wajah jauh dari komedo yang mengganggu. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan cotton but, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari setelah membersihkan wajah.




Mengatasi kulit berminyak

Caranya yaitu, ambil 1 buah lemon segar dan belah menjadi 2 bagian. Setelah itu gosok-gosokan keseluruh kulit wajah secara merata yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat, lalu diamkan selama 15 menit hingga kering dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari hingga kulit wajah tidak berminyak lagi.




Mengencangkan Kulit Wajah

Kandungan yang terdapat pada perasan buah lemon mengandung Vitamin C sebagai Antioksidan yang mampu mengoptimalkan minyak dalam kulit. Selain itu juga berfungsi untuk memperkuat otot kulit serta memperlancar peredaran darah pada kulit wajah dan leher, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan terlihat awet muda.




Melembabkan Kulit Wajah

Kulit kering atau kusam yang di sebabkan karena paparan sinar matahari yang membuat kulit dengan mudah memicu timbulnya kerutan halus dan iritasi, membuat wajah semakain rusak. agar senantiasa kulit berada dalam kondisi optimal dengan kelembabannya, gunakanlah perasan lemon ini sebagai masker wajah. Oleskan perasan lemon ini ke permukaan kulit wajah anda, biarkan semalaman, dan saat pagi harinya anda langsung membersihkannya.




Sebagai Anti Aging

Kandungan yang terdapat pada buah lemon mengandung Vitamin B1, B2, B3, B5, C dapat menjadi at anti penuaan, dan mampu meningkatkan sel kulit lebih muda dan aktif, juga dapat memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak.



Bermanfaat untu Mencegah Munculnya Penyakit Kulit

Kulit wajah merupakan bagian kulit yang rentan terkena berbagai macam bakteri, jamur dan virus yang di hasilakan oleh radikal bebas. Penyakit kulit yang sering menyerang, itu di sebabkan karena kita jarag merawatnya. Penyakit kulit ini seperti kurap, kudis, panu, jerawat meradang, gatal-gatal, berbintik air, dan lain-lain. Kandungan Anti bakteri, mikroba, peradangan, jamur, dan anti imflamasi dapat mengatasi semua penyakit kulit pada wajah.




Mempertahankan Kolagen pada Kulit

Kandungan Nutrisi yang terdapat pada perasan buah lemon akan bekerja secara optimal menutrisi kulit wajah jika di gunakan secara rutin dan teratur, sehingga kulit akan tetap sehat. Karena sari yang terdapat pada buah lemon mampu mempertahankan keseimbangan kologen dan kadar Ph pada kulit wajah anda.




Mempertahankan Kolagen pada Kulit

Kandungan Nutrisi yang terdapat pada perasan buah lemon akan bekerja secara optimal menutrisi kulit wajah jika di gunakan secara rutin dan teratur, sehingga kulit akan tetap sehat. Karena sari yang terdapat pada buah lemon mampu mempertahankan keseimbangan kologen dan kadar Ph pada kulit wajah anda.



Aromaterapi

Kandungan Minyak essensial yang terkandung dalam buah lemon ini berfungsi untuk meringankan serta menenagkan ketegangan, gugup, gelisah, kelelahan, serta pusing. Sehingga konsentrasi anda semakin hidup dan normal kembali seperti biasanya.




Melawan Infeksi

Mengkonsumsi air lemon setiap hari dapat menurunkan resiko berbagai penyakit yang terjangkit di sebabkan karena terserang Virus atau bakteri.




Menyegarkan Tubuh

Mengkonsumsi air lemon bermanfaat untuk menyegarkan tubuh sepanjang hari. dalam hal ini mampu menghilangkan kecanduan kafein.




manfaat, khasiat, manfaat lemon, khasiat lemon, manfaat lemon untuk wajah, manfaat lemon untuk rambut, manfaat lemon untuk kesehatan, manfaat lemon dan madu


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "40+ Khasiat dan Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kulit"

Post a Comment