Adsense

35 Khasiat dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan

Lengkuas memiliki sejumlah zat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain hanya sebagai bumbu masakan.

manfaat, khasiat, manfaat lengkuas, khasiat lengkuas, kesehatan, makanan sehat, manfaat lengkuas merah, manfaat lengkuas untuk kesehatan, manfaat lengkuas untuk masakan, manfaat lengkuas untuk kulit wajah, manfaat lengkuas untuk rambut

Adapun 35 Khasiat dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan yaitu :



Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Radang

Lengkuas bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu juga kandungan galangin, dan karioferidanya yang akan menambah khasiat tanaman itu sendiri. Sehingga sangat ampuh untuk meredakan radang.



Mencegah Rambut Rontok

Kandungan fosfor dan zinc dalam lengkuas sangat efektif dalam menguatkan akar rambut dan menyehatkan kulit kepala. Sehingga pertumbuhan akar rambut tidak akan terganggu karena kulit kepala sehat. Efeknya ketombe akan hilang dan rambut lebih sehat berkilau.




Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah yang umum terjadi di kulit kepala. Ekstrak lengkuas yang bertindak sebagai antiseptik akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas dapat diterapkan pada kulit kepala. Atau, campurkan dengan manfaat minyak zaitun maupun minyak wijen.




Mengurangi rambut bau

Selain dapat memperkuat rambut, ekstrak lengkuas juga akan membantu mengurangi bau rambut yang tidak enak.




Perawatan rambut kering dan rapuh

Kandungan senyawa penting seperti manfaat vitamin, zinc dan fosfor memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak mudah kering dan juga rapuh.



Manfaat Lengkuas untuk Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Minyak hasil olahan lengkuas dapat membantu proses pertumbuhan rambut. Penggunaan lengkuas pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak lengkuas juga sangat membantu rambut tipis, yaitu dengan cara mencampurkan ramuan lengkuas dengan minyak jojoba lalu diterapkan pada rambut yang mulai menipis.




Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut

Minyak yang dihasilkan dari lengkuas bisa membantu proses pertumbuhan rambut. Minyak ini akan meningkatkan sirkulasi darah, dengan begitu bisa membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan asam lemak didalamnya juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang tipis, caranya dengan mencampurnya dengan minyak jojoba dan dioleskan ke rambut yang tipis.




Membersihkan Bekas Jerawat

Lengkuas bisa bertindak sebagai pembersih antiseptic alami yang akan membantu menjaga kulit supaya tetap terlihat bersih, halus dan cerah. Ramuan tersebut berfungsi untuk mencerahkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, juga bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan jerawat membandel. Kandungan zat yang terdapat di dalamnya akan mengurangi pembentukan jerawat baru dengan cara membersihkan kulit dari bakteri.




Meremajakan Kulit

Selain digunakan sebagai pengobatan, lengkuas juga bisa dipakai untuk perawatan tubuh, karena mampu membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang saling melengkapi satu sama lain.



Manfaat Lengkuas untuk Mengeluarkan Racun

Di dalam tubuh manusia terdapat racun yang bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius. Oleh sebab itu, untuk mengeluarkan racun tersebut di butuhkan bantuan dari bahan makanan yang menyehatkan dan kaya nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas akan bekerja untuk mengeluarkan racun. Selain itu kehadiran antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit.


Baca Juga : 55 Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Yang Menghebohkan

Menghilangkan Bekas Luka

Antioksidan yang terkandung di dalam lengkuas bisa membantu menghilangkan beka luka, dengan cara mengiris tipis dan menempelkannya ataupun dioleskan pada bekas luka. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.




Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah riset menunjukkan jika lengkuas mengandung manfaat flavonoid galangin. Galangin sendiri sudah terbukti mempunyai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Zat ini bisa memodulasi enzim kegiatan dan akan menekan genotoxicity bahan kimia. Selain zat tersebut juga ada kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri dapat meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.




Menurunkan Demam

zat antipiretik dan analgesic yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, bagian batang bawah pada lengkuas menunjukkan efek penghambatan in vitro yang ada pada bakteri patogen seperti hemolitik streptokokus, anthrax bacillus dan strain staphylococcus.




Memberikan Rasa Nyaman di Perut

Khasiat lengkuas bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman di perut yang diakibatkan oleh peradangan ataupun penyakit lainnya. Sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi mabuk perjalanan, muntah, serta mengurangi gejala diare. Di Negara Cina, tanaman ini digunakan untuk mengobati cegukan yang dikombinasikan dengan ginseng.




Mengobati bekas luka bakar

Ramuan lengkuas dapat berguna sebagai alternatif penyembuhan kulit terbakar. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, ia dapat meringankan rasa sakit dan dapat juga untuk menyembuhkannya seperti manfaat minyak kelapa. Anda juga dapat menggosok irisan segar lengkuas pada kulit 2 sampai 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.



Mencegah penuaan dini

Jus lengkuas dapat diterapkan untuk berbagai pengobatan penyakit kulit. Kandungan lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap penuaan.

Baca Juga : 25 Khasiat dan Manfaat Kedelai Selain Kaya Pengolahannya


Dapat menurunkan resiko rematik

Di negara-negara Timur Tengah, lengkuas digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis.




Manfaat Lengkuas untuk Menurunkan lipid

Kandungan flavonoid utama yang ada di lengkuas seperti galangin, quercetin dan kaempferol bisa menghambat lemak asam.




Menjaga kesehatan mulut

Ekstrak akar lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga dapat mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di mulut dan tenggorokan dan dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (halitosis).



Mengurangi gangguan pernafasan

Lengkuas dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk.




Mengobati diare

Lengkuas memiliki efek anti bakteri yang dapat menyingkirkan bakteri patogen dan dapat menyembuhkan diare. Dimana bakteri patogen adalah bakteri yang mampu menyebabkan penyakit.

Baca Juga : 20 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh


Meringankan asma

Lengkuas juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem pernapasan yang sehat. Lengkuas  memiliki efek antispasmodik yang dapat mengurangi dahak dan melebarkan bronkiolus untuk meredakan asma. Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat dysarthria, gagap dan aphasia.




Mencegah penyakit jantung

Dalam sistem peredaran darah lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung, dengan meningkatkan suplai darah ke sistem pencernaan dan organ vital lainnya. Dalam pengobatan di ayurveda atau India, lengkuas juga sering disajikan sebagai obat tradisional penyakit jantung.  Di Negara-nega seperti Jerman, Austria, dan Swiss lengkuas digunakan sebagai obat rumahan yang baik untuk mencegah stroke jantung, bahkan Dr Strehlew, penulis kedokteran Bingen menyebutkan bahwa lengkuas merupakan penyelamat hidup dari serangan jantung.




Memperkuat sisterm kekekabalan tubuh

Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas dapat merangsang pengembangan sel pada sistem retikulo endothelial (RES) dan meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal serta sel limpa yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.




Meringankan radang selaput lendir

Radang selaput lendir hidung adalah kondisi produksi lendir yang berlebihan di rongga hidung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir. Bubuk lengkuas dapat digunakan sebagai tembakau yang membantu meringankan radang.


Baca Juga : 30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Mengatasi sakit kepala

Efek anti jamur pada lengkuas dapat diterapkan untuk kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur. Jamur dapat menginfeksi kulit kepala dan mengakibatkan ketombe. Anda dapat langsung menggosok pada kulit kepala atau campuran beberapa lengkuas parut dengan minyak zaitun kemudian mengoleskannya di daerah kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur.




Manfaat Lengkuas untuk Mendukung kesehatan otak. 

Karena sifat anti-inflamasinya, senyawa yang diambil dari akar lengkuas ini yang dikenal sebagai ACA mungkin memiliki efek melindungi otak, mengurangi beberapa bentuk degenerasi kognitif terkait usia.




Antibakteri dan antijamur. 

Ekstrak lengkuas memberi efek antimikroba pada beberapa bakteri yang dikenal karena menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella dan clostridium.




Manfaat lengkuas lainnya adalah :

-Menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
-Membantu merangsang nafsu makan. 
-Mengatasi mabuk.
-Mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
-Mencegah dan mengobati tumor. 
-Meningkatkan jumlah dan fungsi sperma.




manfaat, khasiat, manfaat lengkuas, khasiat lengkuas, kesehatan, makanan sehat, manfaat lengkuas merah, manfaat lengkuas untuk kesehatan, manfaat lengkuas untuk masakan, manfaat lengkuas untuk kulit wajah, manfaat lengkuas untuk rambut


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Lengkuas dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .