55 Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Yang Menghebohkan

Lidah buaya identik digunakan sebagai perawatan rambut di beberapa daerah. Namun selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya memiliki sejumlah besar kandungan yang juga bermanfaat bagi anggota tubuh yang lain.

manfaat, khasiat, manfaat lidah buaya, khasiat lidah buaya, manfaat lidah buaya untuk rambut, manfaat lidah buaya untuk wajah, manfaat lidah buaya untuk jerawat, manfaat lidah buaya untuk kulit, manfaat lidah buaya bagi kesehatan
Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk rambut


Adapun 55 Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Yang Menghebohkan antara lain :



Sumber Asam Amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.



Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam darah, secara drastis ia meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.




Menggurangi Berat Badan

Apa hubungannya lidah buaya dengan berat badan ? konsumsi jus lidah buaya akan membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.



Mengeluarkan Racun Tubuh/ detoksifikasi

Jus lidah buaya dapat menjadi pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Meningkatnya cara hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan ‘pembersihan’ berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Jus lidah buaya adalah cara yang ideal untuk melakukan hal ini karena mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.



Sistem Imun Tubuh

Seperti halnya manfaat buah mahoni, jus lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Ketika kita meminum jus lidah buaya secara teratur, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.




Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk  makanan umum yang tidak memiliki kadar asam. Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.



Sumber Vitamin dan Mineral

Setiap hari tubuh kita membutuhkan beberapa vitamin dan mineral. Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 




Membantu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas. Selain lidah buaya, manfaat vegeta merupakan salah satu solusi untuk mengobati sistem pencernaan.



Melawan Peradangan

Jus lidah buaya memiliki 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan, dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Lidah buaya bahkan dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi.



Membantu Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya diantaranya dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Ada studi yang telah dilakukan dan menunjukkan perbaikan kadar glukosa ketika pasien diabetes meminum jus lidah buaya.



Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.




Mencegah rambut rontok

Menggunakan lidah buaya untuk shampo dan conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok tentunya.



Conditioning

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk conditioning, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah sebagai gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya terdapat komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.


Manfaat Lidah Buaya untuk Mengurangi Ketombe

Manfaat lidah buaya juga telah lama digunakan secara herbal oleh penduduk Indonesia untuk pengobatan ketombe. Ketombe mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit mati yang telah kita informasikan pada poin kedua. Namun ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti terdapatnya Malassezia danjamur lemak makan yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya selain menghilangkan sel-sel kulit mati, ia juga memiliki sifat anti-jamur. Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, dan sifat alkalizing dari Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak dapat bertumbuh dengan baik



Anti Inflamasi/peradangan

Lidah buaya merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Ada berbagai zat yang dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.



Anti-pruritus

Anti-pruritus adalah suatu sifat yagn dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis adalah penyakit auto-imun ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Sifat enzimatik lidah buaya memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.



Mengurangi stretch mark

Stretchmark sering terjadi pada wanita yang melahirkan, dan membuatnya sangat menjengkelkan ketika memilikistretch mark. Gel lidah buaya dapat membantu menyembunyikan ini stretch mark dengan menyembuhkan luka-luka.



Mencegah penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang mulai khawatir tentang penampilan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit. Lidah buaya mengandung antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.



Sebagai pelembab

Gel lidah buaya sangat mudah diserap oleh kulit, bagi anda yang sering make up mungkin gel ini adalah aplikasi yang tepat sebelum melakukan make up.



Melindungi dari sengatan sinar matahari

Gel lidah buaya mudah diserap oleh tubuh, bahkan sampai pada lapisan epitel kulit, yang membuatnya dapat dengan mudah melindungi dan memberi kelembaban pada kulit.



Mengatasi iritasi

Mungkin Anda pernah merasa frustasi dengan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea yang diderita. Tak ada salahnya mencoba menggunakan aloe vera yang dioleskan ke kulit untuk mengatasinya.



Mempercepat penyembuhan luka

Senyawa dalam aloe vera mengandung zat anti-flamasi untuk membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Selain itu, kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi sehingga mempercepat pemulihan luka. Empat penelitian terbaru dari Asia menyimpulkan bahwa lidah buaya mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan sekitar 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional.



Mengobati sengatan matahari

Tanaman ini bermanfaat sebagai penyejuk dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan para ahli dermatologi di Amerika merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera atau kedelai untuk mengurangi gejala kulit terbakar matahari. Kita juga bisa menggunakan gel aloe vera ke bagian kulit tersebut.



Mengurangi plak gigi

Jika obat kumur menjadi rutinitas kebersihan harian Anda, pertimbangkan kembali hal ini. Obat kumur memang mampu menjadi alternatif untuk membasmi kuman di mulut, namun kandungan alkohol yang tinggi bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif.



Meningkatkan kekebalan tubuh

Kita juga bisa mengonsumsi lidah buaya, baik dalam bentuk minuman atau suplemen. Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat.



Meningkatkan efektivitas krim topikal 

Sebelum Anda membuang pelembab mahal yang tidak bekerja efektif pada kulit Anda, cobalah menambahkan lidah buaya kedalamnya untuk hasil yang lebih baik. Fitokimia lidah buaya memungkinkan penetrasi lapisan kulit lebih dalam dan dapat meningkatkan efektivitas krim, lotion, dan obat topikal.



Mengatasi kulit kering karena cuaca dingin

Lidah buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.



Membantu mengobati herpes

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Penyakit kulit ini kerap ditemui dengan ciri berupa bintik-bintik merah bergerombol yang berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang terasa panas dan gatal.




Mempercepat penyembuhan sariawan atau luka di mulut

Tak jarang kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C. Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.



Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Suatu penelitian membuktikan bahwa lidah buaya memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebesar 15-25 %. Kandungan asam amino dalam lidah buaya mampu mengikat kolesterol dalam darah untuk segera diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak lidah buaya 1x sehari secara teratur dan tentu saja perlu diimbangi dengan menjaga pola makan rendah kolesterol.


Mengatasi sembelit

Selain ampuh menjaga kesehatan kulit, lidah buaya dapat dikonsumsi untuk memberikan efek dari dalam tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi lidah buaya yaitu mengatasi sembelit/konstipasi/susah buang air besar. Kali ini bukan efek dari gel lidah buaya yang dimanfaatkan, tetapi bagian korteks lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit daun. Bagian korteks ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif. Efek laksatif membuat lidah buaya dapat digunakan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Aloin bekerja sebagai agen laksatif dengan meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses 



Menghilangkan panu di wajah

Selain sebagai agen anti bakteri, gel lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti jamur. Salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit.



Membantu mengatasi dermatitis atau eksim

Dermatitis atau eksim adalah peradangan pada kulit yang sering muncul pada kulit sensitif, terutama pada daerah dengan cuaca yang panas. Kulit akan tampak merah, muncul bintik-bintik, dan juga gatal. Lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah eksim yang anda alami. Sensasi dingin dari gel lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan senyawa seperti alprogen dan C-glukosil yang terkandung di dalamnya dapat menghambat reaksi peradangan dan meredakan ruam merah yang muncul.



Mempercepat penyembuhan luka bakar

Gel lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan bersifat dingin. Oleh karena itu, tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan luka bakar, baik yang disebabkan oleh panas ataupun zat kimia tertentu. Selain itu, kandungan anti bakterinya dapat mencegah infeksi sekunder yang biasa muncul pada luka bakar yang berkepanjangan dan efek antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat menghambat reaksi peradangan pada luka bakar.



Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.



Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.




Mengobati Wasir

Wasir merupakan penyakit yang kebanyakan mengganggu manusia yang memiliki aktivitas padat dan makan makanan kurang berserat. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Konsumsilah lidah buaya dengan dicampur oleh madu dan air hangat. Konsumsi ramuan lidah buaya ini secara rutin tiga kali satu hari sebelum atau sesudah makan.




Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit kulit yang sangat sering menyerang anak-anak. Saat ini anda tidak perlu susah-susah lagi mencari salep yang tepat. Cukup manfaatkan lidah buaya untuk mengobati bisul tersebut. Anda cukup menumbuk daunnya dan tambahkan garam, lalu tempelkan di lokasi bisul anda berada. Buka tempelan setelah beberapa jam dan bisul pun akan ikut pecah terangkat.



Menutrisi Kulit Kepala

Lidah buaya memiliki gel yang teksturnya mudah meresap melalui kulit kepala. Nutrisi dari lidah buaya tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit kepala dan rambut. Sehingga rambut tidak mudah terkena penyakit dan selalu terjaga kebutuhan nutrisinya.


Menjadi Sunblock

Gel lidah buaya sangat bermanfaat juga untuk menjadi lotion. Akan tetapi anda harus menggunakannya dalam jumlah yang secukupnya saja. Jika berlebihan anda akan merasa lengket. Gunakan secara rutin untuk menjaga kulit anda dari serangan matahari.



Menjadi Pembersih Riasan / Makeup

Mungkin anda menggunakan produk kecantikan untuk membersihkan makeup anda. Cukup ambil gel lidah buaya dan usapkan ke seluruh wajah anda yang bermakeup. Anda akan mendapatkan wajah anda kembali bersih tanpa kesulitan



Melebatkan Alis Mata

Gunakan gel lidah buaya pada alis mata anda sebelum anda tidur. Gunakan secara rutin dan bersihkan ketika anda bangun di pagi hari. Penggunaan yang rutin akan mempercepat alis mata anda tumbuh lebih tebal dan lebat.



Mengurangi Bekas Stretch Mark

Bagi anda ibu melahirkan, stretch mark menjadi kompleks yang sangat anda pikirkan. Anda dapat membantu menguranginya dengan menggunakan gel lidah buaya. Gunakan secara rutin dan anda akan mendapatkan bekas stretch mark menghilang perlahan-lahan.



Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Lidah Buaya dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "55 Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Yang Menghebohkan"

Post a Comment