25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit

Kopi selain diseduh sebagai minuman, juga memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehata, khususnya kesehatan kulit jika dibuat menjadi masker.

manfaat, khasiat, manfaat masker kopi, khasiat masker kopi, manfaat masker kopi madu, manfaat masker kopi dan madu, manfaat masker kopi untuk wajah, manfaat masker kopi dan putih telur,
Khasiat dan Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit

Adapun 25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit yaitu :



Menenangkan Kulit

Kopi murni hitam tanpa campuran apapun akan menjadi penenang kulit yang alami. Selain dapat menyegarkan dan melembabkan kulit wajah, kopi dengan sangat bermanfaat dalam memberikan efek rileks dan tenang pada kulit wajah. Jadi, Anda tak usah khawatir lagi apabila inflamasi atau peradangan kulit datang, masker kopi akan mengatasinya.



Manfaat Masker Kopi untuk Menghilangkan Jerawat

Facial di salon biasanya adalah solusi tepat bagi yang ingin wajahnya bersih dari jerawat maupun komedo. Namun, Anda perlu tahu juga apa saja yang menjadi bahaya facial di salon secara sembarangan. Akan jauh lebih aman dan terjamin baiknya ketika Anda menggunakan masker kopi untuk menghilangkan jerawat. Sediakan kopi murni yang diambil bagian ampasnya saja secukupnya (ingat untuk tidak mencampurkan dengan gula maupun bahan lainnya). Usapkan ke seluruh wajah secara menyeluruh dan pijat-pijatlah supaya kandungan baik kopi dapat terserap. Tunggu 30 menit sebelum membersihkan wajah dengan air dan sabun pembersih wajah. Untuk hasil optimal, seminggu 3 kali adalah waktu perawatan yang dianjurkan.



Menghilangkan Komedo

Komedo yang sangat menganggu pada wajah tampaknya memang harus dibasmi. Masalah kecantikan wajah satu ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja meskipun lebih sering terdapat pada hidung. Karena kandungan minyak berlebih pada wajah Anda, hal ini pun bisa terjadi, jadi gunakan masker yang diambil dari ampas kopi untuk mengatasinya. Asalkan perawatan dilakukan rutin, akan ada hasil memuaskan yang Anda peroleh nantinya.



Memudarkan Noda Hitam

Apabila Anda dengan mudah berjerawat dan kemudian meninggalkan bekas noda hitam yang menjadikan penampilan Anda kurang maksimal, kopi murni bisa dijadikan masker wajah sebagai solusi. Sebagai eksfoliator, noda-noda hitam yang mengganggu apapun penyebabnya bakal teratasi, terutama bila Anda menggunakan bubuk kopi. Sediakan bubuk kopi beberapa sendok yang bisa dicampurkan dnegan baby oil sampai rata. Sesudah menjadi pasta kental, larutan ini bisa dijadikan masker wajah dengan mengoleskannya ke area wajah sambil memberikan pijatan lembut. Tunggulah beberapa saat sebelum membilasnya sampai bersih dengan air biasa.




Memperkecil Pori-pori Kulit

Tahukah Anda bahwa pori-pori yang membesar adalah sumber dari timbulnya komedo dan jerawat? Sumber ini perlu Anda atasi secepatnya dan dengan kopi, Anda dapat mengatasinya secara alami. Minyak yang berlebih dan juga kotoran mampu menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Jadi, pakailah masker kopi secara rutin demi membuat pori-pori kulit wajah lebih kecil sehingga komedo maupun jerawat tak mudah datang.




Merevitalisasi Kulit

Kulit wajah juga perlu mendapatkan revitalisasi, dan kopi adalah bahan yang tepat untuk membantu Anda memperoleh hasil sempurna secara alami. Bila Anda tak tahu bagaimana caranya, berikut adalah langkah membuat masker wajah dengan tujuan revitalisasi. Sediakan kopi bubuk sebanyak 3 sendok teh yang bisa dicampurkan dengan susu cair 1 sendok teh. Keduanya bisa Anda campur rata dengan mengaduknya sampai akhirnya pasta terbentuk. Oleskan pasta tersebut ke wajah sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, selanjutnya tunggulah hingga mengering dan basuhlah menggunakan air dingin. Tepuk-tepuklah wajah Anda memakai handuk untuk mengeringkannya.




Manfaat Masker Kopi Sebagai Eksfoliator

Manfaat eksfoliasi wajah sebaiknya tidak diremehkan karena dengan mengeksfoliasi kulit wajah dengan bahan alami seperti kopi, segala masalah kulit wajah akan teratasi. Anda bisa menjadikan bubuk kopi murni sebagai scrub atau masker wajah yang akan membantu kulit mengelupas. Kulit mengelupas menandakan bahwa sel-sel kulit mati telah terangkat dan ini artinya akan ada sel-sel kulit baru yang akan muncul. Dengan demikian, tak heran bila kemudian kulit wajah Anda akan menjadi semakin halus, segar, bersih, dan selalu lembab jauh dari kekeringan. Setelah selesai bermasker, Anda dapat membilas wajah hingga bersih dan mengaplikasikan pelembab wajah.



Menyegarkan Kulit

Kopi yang dijadikan masker sangat mampu membuat kulit jauh lebih segar, yakni dengan membuat es batu dari larutan kopi. Bila Anda berpikir bahwa kulit wajah akan terasa lebih segar dengan air biasa, Anda salah karena rupanya kopi juga sangat bermanfaat. Sediakan segelas kopi, lalu larutan tersebut bisa Anda tuang pada cetakan es batu. Jangan lupa kemudian masukkan ke dalam kulkas, terutama bagian freezer sampai benar-benar beku. Sesudah membeku, es batu bisa diambil dan digosok-gosokkan ke wajah hingga es batu habis. Barulah Anda boleh membilas wajah menggunakan air biasa.


Menghidrasi Kulit

Bila biasanya kita tahu bahwa air putihlah yang berperan banyak dalam membuat kulit wajah terhidrasi dengan sempurna, kali ini Anda dapat memanfaatkan kopi. Selain dapat mengencangkan kulit wajah, dengan kopi pun Anda bisa membuatnya lebih lembab atau terhidrasi secara lebih alami. Apabila Anda memiliki kulit yang kering, silakan membuat masker kopi dengan cara yang sama seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya dan pakailah susu dan bukan yogurt.




Melembutkan Kulit

Kopi juga sangat berguna sebagai pelembut kulit alami, asalkan yang Anda gunakan adalah kopi murni. Perawatan menggunakan kopi ini juga terbukti lebih murah dan mudah ketimbang melakukannya di salon. Bahkan akan lebih nyaman lagi karena perawatan dilakukan di rumah. Kulit wajah Anda akan terasa begitu lembut ketika Anda menggunakan kopi dengan cara berikut ini. Sediakan kopi bubuk 2 sendok makan bersama dengan bubuk kakao atau coklat dengan takaran yang sama. Jangan lupa juga tambahkan 3 sendok makan susu dan juga 1 sendok makan madu.
Apabila Anda memiliki tipe wajah yang berminyak, lebih baik tidak menggunakan susu, tapi pilihlah yogurt.
Campuran tersebut bisa secara langsung diterapkan ke wajah Anda secara merata, tunggulah sekitar 30 menit sebelum membasuhnya menggunakan air bersih. Kulit tak hanya lebih kencang tapi juga dipastikan lembut.



Mengatasi Lingkaran Hitam Bawah Mata

Kurang tidur bisa saja menjadikan mata dikelilingi lingkaran hitam di mana ini juga biasanya dialami oleh orang yang terlalu sibuk tanpa beristirahat. Manfaat ampas kopi untuk rambut memang sudah sangat populer, tapi sebetulnya kopi juga bermanfaat dijadikan masker wajah. Untuk dijadikan masker mata juga sangat efektif. Bila mata panda terjadi pada Anda, silakan untuk langsung membuat ramuan masker wajah atau masker khusus area mata dengan cara berikut. Setelah membuat kopi murni, ambil bagian ampasnya sesuai dengan yang Anda butuhkan lalu oles ke area bawah mata. Tunggulah sekitar 15 menit sebelum Anda memakai air bersih untuk membilas wajah sampai bersih.
Kandungan kafeinnyalah yang akan membuat mata panda hilang apabila masker mata atau wajah ini digunakan serutin mungkin, terutama sebelum tidur.




Mengobati Penyakit Rosacea

Rosacea merupakan sebuah penyakit kulit yang penyebab pastinya sendiri belumlah begitu diketahui. Penyakit ini terjadi pada kulit wajah di mana gejalanya antara lain muncul kemerahan kecil, bintik yang mengandung nanah dan timbulnya rosacea ini ada pada bagian kening, pipi dan juga hidung. Adanya benjolan berbentuk lingkaran juga bisa saja mengganggu ditambah dengan fakta bahwa gejala-gejala tersebut dapat terjadi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Gejala pun bisa saja hilang tapi nantinya pasti akan kembali lagi. Kopi murni adalah solusi yang bisa dijadikan masker wajah demi mengobati penyakit satu ini secara alami.




Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Karena memiliki kandungan antioksidan, sudah jelas pula bahwa kopi murni mampu menurunkan potensi seseorang mengidap kanker kulit. Seperti yang sudah dijelaskan, kopi memberikan perlindungan bagi kulit wajah dengan cara menghambat enzim protein tertentu sehingga risiko pertumbuhan kanker dapat berkurang. Itulah mengapa menggunakan masker kopi murni sangat baik untuk kulit.



Sebagai Antioksidan

Kopi sangat kaya akan sifat antioksidan dan justru lebih tinggi daripada sayur serta buah, tapi tentunya kopi bubuk murni dan bukannya yang kemasan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kopi sangat berguna dalam mengatasi masalah kerusakan kulit akibat sinar UV dan juga radikal bebas. Radiasi berbahaya dapat kapanpun menyerang kulit dan kopi dengan sifat antioksidannya sangat mampu menolong dengan memberikan proteksi maksimal terhadap kulit. Iritasi dan kemerahan yang sering terjadi pada kulit wajah Anda dikarenakan terbakar sinar matahari otomatis akan ditangani secara sempurna dan alami.




Manfaat Masker Kopi untuk Mengencangkan Kulit

Kulit pun dapat dikencangkan hanya dengan menggunakan kopi bubuk murni karena sifatnya yang memang dianggap sebagai pengencang kulit alami. Lagi-lagi ini semua berkat kafein dan ini tandanya segala bentuk penuaan dini dapat Anda minimalisir, seperti munculnya garis halus atau kerutan pada wajah. Caranya pun cukup mudah untuk merawat wajah Anda. bisa memanfaatkan ampas kopi di mana Anda perlu mencampurkannya bersama dengan putih telur secukupnya. Aduk-aduk sampai rata dan bisa langsung dioles ke wajah sebagai masker. Tinggalkan maksimal 15 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin.
Anda pun dapat menggunakan larutan kopi yang sudah mengalami penyeduhan. Kapas dapat Anda celupkan ke dalamnya lalu usap-usapkan ke kulit wajah hingga menyeluruh.



Mencerahkan Kulit

Kafein pada kopi murni juga sangat berguna dalam membuat kulit menjadi lebih cerah. Berkat kafein inilah kulit menjadi lebih sehat juga karena memberikan perlindungan pada kulit dari serangan bakteri, jamur serta virus yang mampu membuat kulit kusam. Kulit yang kusam adalah masalah setiap wanita, maka kopi adalah salah satu solusinya. Manfaat kopi untuk kulit sangat banyak dan salah satunya memang mencerahkan dan membuat kulit lebih bercahaya. Caranya sebetulnya sangat gampang, yaitu: Anda bisa menyiapkan bubuk kopi murni yang kemudian bisa dicampur bersama dengan garam pada air secukupnya. Larutan campuran antara kopi murni dan garam inilah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan atau mencuci wajah setiap hari.
Setelahnya, Anda pun masih tetap dapat menggunakan bubuk kopi yang sama untuk dioles dan dipijatkan ke wajah. Ini tujuannya adalah untuk mengeksfoliasi kulit sehingga sel-sel kulit mati terangkat sempurna. Barulah bilas dengan air kopi lagi untuk lebih optimalnya.




Sebagai Anti-Inflamasi

Pada kopi, ada kandungan kafein yang kerap kita manfaatkan sebagai penambah tenaga, apalagi ketika pagi saat ingin melakukan aktivitas serta di malam hari saat hendak begadang. Yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa kafein pada kopi mengandung anti inflamasi tinggi sehingga sangat berkhasiat menyingkirkan bengkak dan kemerahan apapun pada kulit wajah.  Bahkan sudah diteliti pula bahwa kafein merupakan kandungan yang manfaatnya sangat setara dengan aspirin yang bisa meminimalisir pembengkakan. Sudah dibuktikan juga ketika kopi ditambahkan dan dicampurkan ke krim anti inflamasi. Hasilnya adalah hasil yang sangat baik dan positif bagi kulit tanpa efek samping berbahaya.



Anti-oksidasi

Kopi sangat kaya akan zat antioksidan dan fakta mengejutkan bahwa  kandungannya  jauh lebih tinggi daripada sayuran dan buah-buahan. Kita tau manfaat antioksidan yaitu dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang dikarenakan oleh paparan sinar matahari dan sinar UV. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa mengaplikasikan kopi pada kulit dapat melindungi lapisan kulit dari radikal bebas berbahaya. Cara kerjanya dengan menghambat beberapa enzim protein, sehingga mengurangi resiko terkena kanker kulit. Selain itu, sifat diuretik pada kopi dapat mengobati kondisi penyakit yang disebut Rosaceae, meredakan kemerahan dan iritasi karena kerusakan akibat sinar matahari.


Menghilangkan mata bengkak

Namun manfaat  lain dari kopi adalah dapat mengurangi munculnya bengkak dan lingkaran gelap dibawah mata atau biasa disebut mata panda. Kopi mempunyai sifat anti-inflamasi, dan kafein dapat mengurangi  akumulasi darah di bawah mata Anda, karena itulah menghilangkan mata panda. Cara ini sangat efektif, jika dilihat hampir setiap produk penghilang mata panda terdapat kafein sebagai formulanya. Namun, harus diperhatikan bahwa mata panda dan mata bengkak dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya alergi, dehidrasi, dan kurang tidur. Oles sebab itu hindarilah kurang tidur dan perbanyak minum air putih.  Meskipun cara ini dapat memperbaiki aliran darah berlebih pada areal mata, kafein tidak dapat menghilangkan mata panda yang disebabkan oleh faktor keturunan.



Mengurangi selulit

Manfaat keren lainnya yaitu kopi dapat mengurangi selulit. Hal ini karena kafein pada kopi mampu menghancurkan sel-sel lemak sehingga selulit berkurang dan membuat kulit lebih mulus. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa produk penghilang selulit yang mengandung bahan kafein lebih efektif untuk mengatasi masalah selulit. Untuk membuat scrub ini yaitu: Campurkan bubuk kopi, gel lidah buaya, dan minyak vitamin dengan perbandingan 2:1:1, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena selulit sambil dipijat-pijat. Coba dan buktikanlah.



Anti peradangan

Seperti telah dibahas diatas bahwa kafein memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menyingkirkan kemerahan dan pembengkakan pada wajah dan bagian kulit tubuh lainnya. Khasiatnya sangat baik, bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa fungsinya sudah sebanding dengan aspirin untuk meminimalkan bengkak, walapun percobaannya  pada tikus. Percobaan lain juga membuktikan untuk menguji efektivitas kopi sebagai bahan tambahan pda krim anti-inflamasi menghasilkan hasil positif yang signifikan, sekali lagi ini membuktikan manfaat kopi pada kulit.




Mengatasi Minyak berlebih di Wajah

Minyak secara normal dihasilkan untuk melembabkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Namun bila minyak tersebut berlebih maka akan memberikan dampak yang tidak baik. salah satunya dapat memicu jerawat dan wajah kusam. Karena itu gunakan masker bubuk kopi secara rutin agar wajah tetap bersih bebas minyak.



Penangkal radikal bebas

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Penggunaan masker kopi secara berkala, membuat kulit tampak lebih awet muda.




Aroma yang menenangkan

Menyesap aroma khas biji kopi, dapat memberi efek relaksasi dan ketenangan, sehingga terhindar dari stress.




Tubuh langsing

Selain kulit yang lembut dan halus, scrub biji kopi yang digosok ke kulit yang terdapat lemak, juga dapat bermanfaat melangsingkan tubuh. Karena kandungan kafein yang efektif sebagai penghancur lemak tubuh.







Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Masker Kopi dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit"

Post a Comment