Adsense

30 Khasiat dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Harus Kalian Ketahui

Oatmeal merupakan bahan makanan yang terbuat dari olahan gandum. Biasanya oatmeal menjadi menu sarapan pengganti nasi. Selain mengenyangkan, oatmeal memiliki banyak mengandung manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

manfaat, khasiat, manfaat oatmeal, khasiat oatmeal, manfaat oatmeal bagi kesehatan, manfaat oatmeal untuk wajah, manfaat oatmeal untuk bayi, manfaat oatmeal untuk kecantikan
Khasiat dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Harus Kalian Ketahui

Adapun 30 Khasiat dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan dan Kecantikan yaitu :



Manfaat Oatmeal dapat Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Disamping memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, kandungan serat dalam oatmeal juga mampu menurunkan risiko hipertensi. Ada rekomendasi bagi wanita menopause yang lebih rentan memiliki darah tinggi agar mengonsumsi setidaknya 6 porsi oatmeal maupun sereal biji-bijian lain setiap minggu.



Harganya terjangkau

Ada banyak produk oatmeal yang tersedia di berbagai pasar swalayan dan harganya rata-rata tidak mahal. Selain menyehatkan tubuh, Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan semangkuk oatmeal.


Bisa kenyang lebih lama

Manfaat oatmeal yang satu ini menjadi keunggulan dibandingkan menu sarapan lainnya. Oatmeal mengandung banyak serat sehingga mencegah Anda merasa kelaparan sampai waktu makan siang. Penelitian di tahun 2014 yang dipublikasikan Nutrition Journal menunjukkan bahwa partisipan yang sarapan oatmeal merasa lebih lama kenyang dibandingkan partisipan yang makan sereal dalam porsi sama.




Melindungi kesehatan jantung

Oatmeal mengandung senyawa kimia lignan yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Selain oatmeal, lignan juga terdapat pada aprikot, biji rami, serta brokoli. Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang memiliki risiko gagal jantung dapat menurunkan risikonya dengan mengonsumsi setidaknya 1 mangkuk oatmeal setiap hari.




Menurunkan kolesterol

Oatmeal kaya akan serat larut yaitu jenis serat yang juga terdapat pada apel dan pir. Jenis serat larut sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL, atau kolesterol “jahat”. LDL diketahui merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung. Manfaat oatmeal inilah yang dapat menurunkan kolestrol Anda.




Diet

Oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Ketika mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan  jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi, yang terdiri dari oatmela dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan  tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang.




Manfaat Oatmeal dapat Mencegah pengerasan Arteri

Ketika kita bicara kardiovaskular, yang terbaik teringat di kepala pastinya adalah jantung, dan saluran saraf. Kandungan avenanthramides merupakan salah satu pencegah penyakit jantung, tidak hanya itu mereka memiliki fungsi utama yaitu mencegah arteri dari pengerasan. Zat ini adalah antioksidan yang dapat mencegah/mengurangi produksi molekul yang dapat menyebabkan monosit untuk mematuhi dinding arteri sehingga terjadi pengerasan.




Penuh Dengan Antioksidan

Oatmeal sangat tinggi kandungan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga tubuh dari tebaran radikal bebas hingga memberikan dampak pada kecantikan, kesehatan, dan menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.




Sangat baik untuk diabetes

Oatmeal merupakan jenis makanan olahan gandum yang sangat baik untuk penderita diabetes, malahan makanan ini sangat disarankan untuk penderita diabetes. Terlebih ia juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memberikan tubuh metabolisme dan keseimbangan gula darah.




Dapatkan kulit yang sehat

Dengan konsumsi oatmeal secara rutin anda secara tidak langsung telah melakukan treatment terhadap kulit anda. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari ataupun polusi.




Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Terlepas berbagai kandungan yang sangat menyehatkan, oatmeal mengandung nutrisi berbagai antioksidan yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga mampu menyehatkan tubuh secara fisik seperti kulit sampai dengan mencegah dari berbagai penyakit.




Menstabilkan tekanan gula darah

Serat memang tidak ada batasnya untuk memberikan tubuh nilai kesehatan, selain untuk pencernaan dan metabolisme tubuh, serat juga memiliki peran tuntuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Jadi jika anda mengkonsumsi banyak manisan, ada baiknya mencoba konsumsi makanan tinggi serat ini untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda asup.




Mencegah Kanker

Fungsi dari serat dalam makanan kaya gizi ini tidak hanya berhenti pada sistem pencernaan. Apa yang akan anda dapatkan jika memiliki pencernaan yang sehat serta metabolisme yang lancar ? tentu jawabannya adalah mencegah penyakit kanker. Selain itu kandungan antioksidan dalam oatmeal sangat ampuh unutk mencegah kanker.





Manfaat Oatmeal dapat Mencegah Stres

Oatmeal dan roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda ingin beli oatmeal instan, sebaiknya Anda memperhatikan komposisinya karena bisa saja mengandung berbagai zat adiktif yang dapat berbahaya bagi tubuh Anda.




Mencegah Osteoporosis

Manfaat oatmeal yang pertama yaitu dapat membantu mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan makanan dari gandum mengandung komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat membbantu Anda mencukupi kebutuhan mineral tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporisis.




Bisa di konsumsi untuk pasien celiac

Dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ), namun riset menunjukkan bahwa mereka bisa makan oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten. Celiac adalah sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.



Meningkatkan Fungsi Otak

Memberikan oat pada bayi/anak setiap pagi sebagai sarapan, dapat membantu bayi/anak untuk meningkatkan fungsi  otaknya secara optimal. Oat dapat membantu bayi/anak dalam meningkatkan fungsi otaknya sebesar 20 % pada saat bayi/anak belajar atau bermain bersama teman-temannya. Selain itu oat juga bermanfaat dalam membentuk konsentrasi dan daya ingat yang kuat. Beberapa para ahli mengatakan, jika oat bermanfaat untuk menjadi sumber energi otak secara maksimal dibandingkan jenis makanan yang lainnya.



Menangkal Radikal Bebas

Oat adalah sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi, dan sangat baik untuk diberikan pada bayi. Anti oksidan pada oat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyerang bayi kapan saja. Radikal bebas dapat mengganggu beberapa fungsi sistem tubuh bayi, sehingga hal tersebut menyebabkan penyakit lebih mudah menyerang pada bayi. Oleh sebab itu dengan memberikan anak oat, maka tubuh bayi akan lebih mampu menangkal radikal bebas yang menyerang si kecil.




Membantu Pertumbuhan Tulang

Oat adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zat gizi mineral. Mineral yang terkandung dalam oat salah satunya adalah kalsium. Kalsium sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bagi bayi, sehingga dengan pemberian oat sebagai salah satu makanan tambahan untuk bayi, dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi pembentukan tulang bayi.




Membantu Pertumbuhan Gigi

Bayi dengan usia 6 bulan ke atas, membutuhkan banyak kalsium untuk membantu proses pertumbuhan giginya. Kebutuhan kalsium pada masa tumbuh gigi ini, sama seperti kebutuhan kalsium pada saat proses pertumbuhan tulang anak. Dalam masa ini anak membutuhkan kalsium yang lebih untuk pertumbuhan giginya, baik gigi depan maupun gigi belakangnya.




Nutrisi yang Baik

Oatmeal ternyata memiliki kandungan lemak yang rendah dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Oatmeal juga kaya akan vitamin B kompleks, folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng dan selenium. Dengan kandungan yang dimiliki oatmeal, sudah cukup untuk kebutuhan tubuh sehari-hari.



Manfaat Oatmeal dapat Melembapkan Kulit

Bila Anda memiliki wajah yang cukup kering dan kulit wajah yang mudah terkelupas, tidak ada salahnya mencoba oatmeal sebagai perawatan wajah Anda. Caranya dengan menyulap oatmeal menjadi krim pelembap sehari-hari. Bahan yang Anda butuhkan, 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir yoghurt polos, dan 2 sendok makan madu organik mentah. Campurkan semua bahan dan simpan dalam wadah kecil khusus krim. Manfaat dari krim pelembap ini adalah membantu melindungi epidermis saat menyembuhkan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang. 


Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Terdapat kandungan saponin di dalam oatmeal, sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini memproduksi busa saat dilarutkan dalam air, saponin berfungsi seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekul minyak sehingga bisa dibilas. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun wajah, karena pembersihan yang dilakukan hanya bekerja di permukaan kulit. Oatmeal tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi wajah secara alami. Sehingga menggunakan oatmeal untuk kulit yang cenderung sensitif, sangat baik dan tidak membuat kulit mengering dan terkelupas. Tuangkan 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat, aduk lalu bilas pada wajah Anda. Tambahkan beberapa gerakan memutar atau memijat wajah Anda, layaknya seperti face scrub. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. 



Mengatasi Kulit Kusam

Oatmeaal dapat mengatasi kulit yang terlihat kusam, lelah dan mudah berjerawat. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang orang yang seharian beraktifitas rutin kerja dimana pergi pagi pulang sore atau menjelang malam. Kondisi ini kulitnya akan mudah dihinggapi kotoran dan minyak yang kemudian akan dikendalikan oleh bakteri yang dibawa oleh debu bersama angin dan polusi asap yang akhirnya bakteri akan mengurai dan penyumbat pori pori yang akhirnya memicu timbulnya jerawat.




Sebagai Anti Aging

Oatmeal selain dapat menyehatkan jaringan kulit dari dalam tetapi dapat bertindak sebagia anti aging yang efektif bagi wanita atau pria yangb telah berusia diatas 30 tahunan. karena dapat menghilangkan kerutan halus dan memperbaiki struktur kulit yang tidak rata dan kurang padat. Oat meal dapat memnbuat tampilan wajah menjadi awet muda dan cerah merona tanpa ditumbuhi jerawat meskipun tanpa menggunakan make up.



Mengatasi Peradangan dan Iritasi

Masker oatmeal mampu menormalkan peradangan dan iritasi berat pada permukaan kulit akibat kulit terbakar sinar matahari dan mengembalikan minyak alami yang terdapat dibawah kulit agar kulit terhindar dari kekeringan.




Mencegah Timbul Jerawat

Oatmeal mempunyai zat anti bakteri, yang ampuh membunuh bakteri yang mendorong munculnya jerawat. Gunakanlah oatmeal sebagai masker wajah, agak bakteri sulit untuk masuk ke dalam pori-pori. Selain itu juga oatmeal memiliki antioksidan dan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah Anda. 



Digunakan saat Berendam

Agar tubuh menjadi lebih rileks ketika berendam, tuangkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi kemudian tambahkan dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau sejumput lavender kering. Berndamlah dalam larutan aromaterapi ini selama 15 sampai 30 menit.
Oatmeal akan membersihkan kulit sekaligus menjaga kelembabannya, sedangkan lavender membuat tubuh lebih rileks serta memberikan aroma yang menyegarkan dan menenangkan.



Exfoliator Alami

Jika kita terlalu berlebihan menggunakan scrubs, maka kulit wajah akan cenderung mengalami kemerahan. Bila hal ini terjadi, Anda bisa membuat exfoliator alami dengan membuat pasta oatmeal. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat sederhana, diantaranya adalah oatmeal, minyak kelapa, gula merah, dan air hangat. Kulit akan menjadi lebih cerah karena sel-sel kulit mati terkelupas tanpa membuat kulit wajah memerah. Selain itu, minyak kelapa akan menjadikan kulit tampak sehat bercahaya.



Meringankan Kulit gatal

Oatmeal telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk menghilangkan rasa gatal. Seperti bekas luka, sunburns, dan ruam. Efek anti gatal dari oatmeal adalah karena adanya avenanthramides. Sekelompok alkaloid fenolik, yang membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit. Caranya sangat mudah, tuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal, pada bak mandi Anda dan berendam selama beberapa menit. Kulit Anda akan lebih lembut, dan tenang. 




Mengangkat Kulit Mati

Oatmeal merupakan salah satu exfoliant, yang paling ringan dan lembut. Partikelnya yang kecil, sangat baik untuk digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Anda dapat kombinasikan dengan gula merah, untuk mendapatkan tekstur yang sedikit kasar saat dijadikan sebagai scrub wajah. Cobalah dengan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu organik mentah, dan 1 sendok makan air hangat. Campurkan semua bahan, lalu scrub wajah Anda selama 5 menit dan bilas hingga bersih.




manfaat, khasiat, manfaat oatmeal, khasiat oatmeal, manfaat oatmeal bagi kesehatan, manfaat oatmeal untuk wajah, manfaat oatmeal untuk bayi, manfaat oatmeal untuk kecantikan

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .