30 Khasiat dan Manfaat Timun Suri Terlengkap yang Menakjubkan

Timun suri cenderung terdengar baru di beberapa orang, namun timun suri biasa dijumpai pada minuman mengingat kandungan air di dalamnya sangat banyak. Disamping itu timun suri memiliki kandungan gizi yang bagus bagi kesehatan tubuh.

manfaat timun suri, khasiat timun suri, manfaat timun, manfaat timun suri untuk ibu hamil, manfaat timun suri untuk diet, manfaat timun suri untuk wajah,
Manfaat Timun Suri


Adapun 30 Khasiat dan Manfaat Timun Suri Terlengkap antara lain :



Pelepas Dahaga 

Seperti tercantum pada tabel di atas, timun suri sangat kaya akan kandungan airnya. Oleh sebab itu, khasiat timun suri sebagai pelepas dahaga tak diragukan lagi, maka tak heran bagi orang yang berbuka puasa mengawali berbuka dengan buah ini.


Memperkuat sendi 

Kali ini kandungan silika dari timun suri yang unjuk gigi menunjukkan khasiatnya. Silika sangat dibutuhkan tubuh agar sendi tetap sehat serta kuat. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, magnesium, folat, maupun kalsium dari buah ini sangat baik untuk mengatasi gangguan rematik atau encok.



Menyehatkan gigi dan mulut 

Saat mengunyah potongan buah timun suri mentah, produksi air liur akan meningkat sehingga pH rongga mulut jadi netral. Oleh sebab itu, manfaat timun suri bagus untuk Anda yang sedang sakit gigi atau menderita radang gusi.



Manfaat Timun Suri untuk Sumber energi dadakan 

Ketika Anda tak sempat sarapan pagi dengan nasi atau roti, maka Anda bisa mengandalkan khasiat timun suri sebagai sumber energi dadakan. Kandungan glukosa maupun fluktosa dari buah ini memiliki sifat mudah larut sehingga cepat berubah menjadi energi usai dikonsumsi. 


Baik untuk sistem imun tubuh 

Salah satu tanda sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun biasanya adalah, ia jadi mudah terserang flu. Namun kandungan vitamin C dari timun suri mampu mengelakkan kondisi lemah tersebut. Di samping itu, biji timun suri terkenal sebagai agen antiradang sehingga dapat mengurangi radang selaput lendir maupun tenggorokan. 



Membantu regenerasi sel tubuh 

Anda yang habis sakit, jangan segan mengonsumsi buah ini karena nutrisinya dapat membantu regenerasi sel tubuh yang rusak.



Baik untuk kesehatan jantung 

Kalau kolesterol dan tekanan darah tinggi turun, maka dapat dipastikan jantung Anda aman-aman saja. Belum lagi, timun suri juga memuat asam linoleat yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah.



Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi 

Kandungan potasium, serat, saponin, dan magnesium dalam timun suri bekerja bersama-sama menjaga kestabilan tekanan darah sehingga baik hipertensi maupun kolesterol jahat jadi berkurang karenanya.



Mendukung program diet 

Timun suri dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat karena kaya kandungan serat dan air, 2 unsur utama yang diperlukan untuk ‘menggelontor’ lemak dari dalam tubuh. 


Baik bagi penderita diabetes 

Buah timun suri memang memiliki kadar karbohidrat, namun jenis karbohidratnya kompleks. Dalam arti kata tidak cepat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, buah satu ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang diabetes.



Mempertajam daya ingat 

Kalau Anda sedang hamil, maka manfaat timun suri satu ini juga berlaku untuk buah hati yang sedang tumbuh dalam kandungan. Ya, timun suri dapat membuat otak janin menjadi cerdas. 



Baik untuk kesehatan ginjal 

Banyaknya kandungan air dalam buah ini membuat proses buang air kecil lancar. Oleh sebab itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang dapat diandalkan. 



Menyehatkan mata 

Anda yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata kabur atau iritasi, cobalah konsumsi timun suri yang sarat dengan vitamin A. Muatan asam askorbat serta asam caffeic dalam timun suri juga mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.



Anti-kanker 

Siapa sangka buah yang bernama lain timun betik tersebut juga berjasa untuk menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Semua ini berkat kandungan saponin yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.



Melancarkan proses detoksifikasi 

Manfaat timun suri berikutnya ini sungguh terpuji karena mampu melancarkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Salah satu ‘racun’ yang dapat dibasmi oleh buah ini adalah cacing pita



Membantu sistem pencernaan 

Karena kaya air dan serat, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Anda yang sering susah BAB, menderita maag, gastritis, atau tukak lambung harus sering-sering mengonsumsi buah yang juga disebut dengan nama lain “barteh” ini.



Sumber antioksidan 

Antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit mematikan. Dan timun suri sarat dengan beragam jenis antioksidan seperti vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, dan silika.



Menyehatkan kuku 

Lagi-lagi silika yang berperan aktif untuk manfaat timun suri satu ini. Nutrisi ini dapat mencegah kuku pecah-pecah atau rusak.



Menambah volume rambut 

Anda yang berharap rambut bisa lebih tebal dari sekarang, rajinlah makan timun suri dan biarkan kandungan silikanya merangsang pertumbuhan rambut. Tentu saja Anda juga harus menerapkan pola perawatan rambut yang tepat dan menghindari penyebab-penyebab kerontokan rambut.



Mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit 

Di dalam timun suri terdapat berbagai antioksidan seperti yang tadi disebutkan pada poin pertama. Oleh sebab itu, timun suri dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Kita tahu bahwa radikal bebas tidak hanya merusak sel-sel dalam tubuh, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. 


Regenerasi Sel Tubuh

Tubuh kita terdiri dari jutaan sel hidup yang memiliki peran yang sangat penting. Sel tubuh akan mengangkut sumber energi untuk organ tubuh, darah dan juga oksigen. Pekerjaan sel tubuh sangat berat dan mereka juga memiliki batasan umur hidup. Regenerasi sel tubuh diperlukan untuk menggantikan sel tubuh yang mati dan membuat penciptaan sel tubuh yang sehat menjadi lebih baik. Timun suri yang banyak mengandung vitamin C sangat penting dalam proses ini dan bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.



 Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memang menjadi musuh utama tubuh terutama jenis kolesterol yang berasal dari asam lemak jenuh. Kolesterol bisa membuat penumpukan plak dalam dinding arteri, memicu penyakit jantung, stroke dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius dan jangka panjang. Mengkonsumsi timun suri bisa menurunkan kolesterol paling tidak sekitar 32 persen dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang mengalami obesitas bisa menjalani diet dengan timun suri.



Menangkal Radikal Bebas

Khasiat timun suri memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta berbagai mineral lainnya. Semua kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang selanjutnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya.



Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat timun suri yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah ini juga dapat memperbaiki jaringan kulit dan sel tubuh yang rusak.


Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat timun suri juga dapat digunakan untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan sendi. Selain melakukan olahraga rutin, mendapat asupan makanan yang tepat juga penting untuk menjaga kesehatan sendi. Salah satunya dengan mengkonsumsi timun suri. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung senyawa silika yang dapat berperan dalam memperkuat jaringan ikat, yang selanjutnya dapat membuat persendian menjadi lebih kuat dan sehat.



Obat sakit gusi dan gigi

Khasiat timun suri untuk bagian dalam mulut Anda adalah sebagai obat saat gigi maupun gusi Anda sakit. Buah ini bisa memberikan vitamin C sekaligus meredakan nyeri saat gusi dan gigi Anda terasa sakit akibat peradangan atau yang lainnya.



Membasmi cacing pita

Cacing pita dalam jumlah banyak akan membahayakan organ pencernaan Anda, terutama lambung dan juga usus besar. Untuk membasminya, Anda bisa mengonsumsi buah timun suri. Buah ini akan mengusir dan memusnahkan cacing pita yang bersarang di dalam tubuh Anda.


Mencegah Flu

Khasiat timun suri yang selanjutnya yaitu untuk mencegah infeksi virus seperti flu. Hal ini karena timun suri mengandung vitamin C untuk menangkal serangan infeksi virus penyakit. Selain itu, vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



Atasi encok dan rematik

Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.



manfaat timun suri, khasiat timun suri, manfaat timun, manfaat timun suri untuk ibu hamil, manfaat timun suri untuk diet, manfaat timun suri untuk wajah,

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Timun Suri dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "30 Khasiat dan Manfaat Timun Suri Terlengkap yang Menakjubkan"

Post a Comment