Adsense

15+ Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Wajib Pemilik Ketahui Terlengkap

Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Wajib diketahui Pemilik, karena  jika hewan peliharaan kita khususnya kucing sedang dalam masa hamil, cara perawatannya akan sedikit berbeda guna mempertahankan bayi kucing yang sedang dikandung. Terdapat beberapa ciri ciri kucing hamil.

ciri ciri kucing hamil, kucing, hamil, ciri ciri, ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan,
15+ Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Wajib Pemilik Ketahui Terlengkap

Adapun 15 Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Wajib Pemilik Ketahui yaitu :



Perut si kucing mulai membesar

Perubahan fisik yang di alami kucing ketika hamil sebenernya hal ini juga gak jauh beda dengan manusia, ini dikarenakan pada dasarnya kucing juga mempunya rahim di dalam perut seperti manusia. Perut kucing akan terlihat mulai membesar saat memasuki usia kehamilan 5 minggu. Selanjutnya, perut akan semakin membesar sampai waktu melahirkan. 


Sensitif terhadap kucing lain

Kucing yang sedang hamil juga bisa berubah sikap menjadi lebih protektif sehingga terkesan ‘galak’ kepada kucing lainnya. Ini mungkin merupakan bentuk kasih sayang ibu kucing kepada calon bayinya. Kucing kamu tidak mau calon bayinya dilukai atau diganggu oleh kucing lainnya. Ia seperti menjaga calon anaknya.



Kelakuan seperti bersarang

Ini bisa menjadi ciri-ciri kucing hamil tua. Biasanya jika kucing akan melahirkan dalam waktu dekat, maka ia akan mulai berkelakuan kesana kemari mencari tempat yang nyaman dan seperti menyiapkan tempat untuk menetap di situ untuknya dan bayi-bayinya. Biasanya kucing hamil akan mencari tempat yang sunyi atau tempat yang terdapat barang yang hangat seperti kain, handuk bahkan selimut untuk tempat melahirkan.



Kucing tiba-tiba banyak tidur

Cara mengetahui kucing hamil bisa memperhatikan siklus tidurnya. Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering untuk tidur, tapi bukan berarti kucing yang sering tidur itu sedang sakit tapi justru sedang hamil. Kucing yang sudah mendekati waktu melahirkan juga mengalami waktu tidur yang cukup panjang hingga 20 jam. Mungkin hal ini agak mengkhawatirkan jika kita tidak tau penyebab mereka kenapa begitu lama tertidur. Tapi sobat cat lovers tenang saja, kalo kucing anda tidur lama dalam keadaan hamil itu bisa di pastikan kucing anda sudah mendekati proses kehamilannya.



Nafsu Makan Meningkat

Kucing yang sedang hamil nafsu makannya cenderung meningkat karena untuk memenuhi kebutuhan protein berkelanjutan untuk ibu kucing dan bayinya, badannya juga cenderung membesar terutama di bagian perut. Induk kucing yang sedang mengandung akan mengalami perubahan pada porsi makan mereka sekitar 20%-50%, ini dikarenakan makanan yang mereka konsumsi dibagi juga ke bayi kecil di dalam perut. Makanya beri induk kucing extra food untuk memenuhi kebutuhan mereka, berikan makanan bernutrisi tinggi agar sang bayi akan terlahir sehat. Nutrisi yang dibutuhkan kucing hamil harus mengandung magnesium dan kalsium, magnesium berfungsi untuk mengharmonisasikan metabolisme kucing dan saat hamil kucing kandungan kalsium induk kucing akan berkurang makanya mereka membutuhkan makanan berkalsium untuk menyeimbangkan hal tersebut.



Manja dan lebih lembut

Ciri-ciri kucing hamil biasanya terlihat lebih lembut tingkahnya dan kadang – kadang menjadi lebih manja dengan pemiliknya. Atau justru terkadang ada dari mereka yang terlihat gelisah dan menyendiri. Kucing pada dasarnya merupakan hewan yang manja. Namun, saat kucing kesayanganmu sedang hamil, dia akan menjadi lebih manja daripada biasanya. Dia mungkin akan suka mendekat ke arahmu untuk sekedar bersantai dan minta belaianmu. Maka, kamu sebagai catlovers yang baik, harus memahami ini dan belailah kucingmu dengan penuh kasih sayang.




Lebih pendiam

Jika biasanya kucingmu merupakan makhluk yang ceria, lincah dan suka bermain, tanda-tanda satu ini mungkin akan mudah kamu amati. Kucing yang sedang hamil cenderung berubah menjadi lebih lembut dan tenang dibanding biasanya. Dia juga akan lebih banyak tidur dan beristirahat dibandingkan bermain denganmu. Kamu mungkin akan menganggapnya malas, namun inilah tanda-tanda kucing hamil dan kamu harus memahaminya.




Siklus birahi yang berhenti tiba-tiba

Rata – rata satu periode siklus birahi kucing adalah 1 – 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung selama 7 hari. Nah, jika dalam waktu birahi tersebut si kucing tidak minta kawin, tandanya siklus birahinya berhenti. Hal tersebut bisa menjadi kemungkinan besar untuk ciri kucing hamil 1 minggu atau sedang hamil baru-baru ini.



Muntah

Ciri-ciri kucing hamil yang sering terjadi adalah muntah-muntah. Sama halnya dengan manusia, kucing hamil awalnya akan muntah – muntah tapi tidak semua kucing mengalami hal tersebut. Untuk proses kehamilan induk kucing biasanya kucing akan mengalami perilaku muntah muntah sama seperti manusia. Tetapi jika anda lihat kucing tersebut sering muntah berlebihan saran saya anda langsung bawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan terdekat. Tetapi perlu diingat, kucing muntah itu bisa karena banyak faktor oleh karena itu perlunya anda mencari tau dahulu apa penyebab kucing anda muntah




Bentuk punggung kucing melengkung

Jika diamati dari ujung kepala sampai ke ekornya, akan terlihat lengkungan pada punggung kucing dengan bagian perut yang membulat besar. Bentuk tubuh seperti ini biasanya dialami oleh kucing yang hamil tua dan akan melahirkan



Keluar air susu

Ciri-ciri kucing hamil ini dapat diprediksi waktu kelahirannya. Saat kucing sudah bisa mengeluarkan air susu diperkirakan kehamilannya tinggal kurang lebih 2 sampai 3 minggu lagi. Caranya dengan memencet putingnya dengan lembut untuk memastikan sudah keluar air susu atau belum.



Bulu di sekitar puting mulai rontok

Umumnya, bulu di daerah sekitar puting si kucing akan menipis karena rontok. Jika hal tersebut terjadi maka ada indikasi si manis ini hamil. Bulu yang rontok juga bisa terjadi di daerah lainnya. Anda juga harus tau jika kucing betina sedang hamil biasanya kucing tersebut akan memiliki bulu yang gampang rontok dan sedikit agak menipis, kerontokan saat kucing hamil ini di sebabkan karena meningkatnya hormon kulit yang menyebabkan kulit mereka berminyak. Namun kerontokan itu tidak akan berlangsung lama, mungkin sekitar 1 atau sampai 2 minggu lamanya. untuk perawatan jika kucing anda rontok




Puting si kucing menjadi kemerahan dan membesar

Disamping perutnya yang membesar, puting kucing hamil juga akan terlihat lebih besar dari biasanya.  Putting susu yang memerah dan membesar, atau bisa disebut juga sebagai pinking up, merupakan tanda bahwa kucing tersebut sedang mempersiapkan dirinya untuk menyusui jika bayinya telah lahir. Ciri-ciri lainnya bisa dilihat dari warna putingnya yang kemerah – merahan. Nah jika kucing anda sudah mengalami perubahan seperti itu, maka tandanya kucing anda akan melahirkan 2 atau 3 minggu lagi. Hal ini biasanya terjadi pada hari ke-15 atau ke-18 sejak kehamilan dimulai. 




Perutnya membulat

Periksalah juga apakah perutnya sedikit membulat atau menggembung. Jika hasilnya ya, maka kemungkinan besar kucingmu sedang mengandung. Namun, sebaiknya kamu berhati-hati saat melakukan hal ini. Menekan perut kucing yang sedang hamil, jika terlalu keras, bisa saja menimbulkan resiko keguguran pada kucing. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membawanya ke dokter hewan alih-alih memeriksanya sendiri. Tanda-tanda ini akan tampak semakin jelas saat kehamilannya telah mencapai masa akhir. 




Hasil USG menunjukkan hasil yang positif

Untuk mendapatkan prediksi yang lebih akurat, tentu kamu bisa membawa kucingmu ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan. Dokter hewan akan melakukan USG untuk memeriksa perut kucing dengan lebih akurat. Biasanya, tindakan ini bisa dilakukan saat kandungan kucing mencapai usia 3 minggu.





Nah itu lah artikel mengenai Ciri Ciri Kucing Hamil  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .