Adsense

33+ Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan Terlengkap

Setiap ibu yang sedang mengandung, akan sangat berhati hati terhadap kandungannya, karena yang paling di inginkan ibu hamil adalah mendapatkan momongan atau anak yang sehat tanpa adanya suatau kekurangan. Baik cara jalan, tidur, bahkan sampai makanan. Harus ekstra berhati hati jangan sampai memakan makanan yang bisa menggugurkan kandungan .

Bagi ibu hamil diharuskan berhati-hati, terutama dalam mengkonsumsi makanan. Karena apabila salah dalam memilih makanan, maka dapat berpengaru terhadap bayi yang dikandung.

makanan yang bisa menggugurkan kandungan, makanan, kandungan, janin, ibu hamil, hamil,
Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan Terlengkap

Adapun 33+ Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan Terlengkap yaitu :



Kelengkeng
Kelengkeng adalah buah yang cukup populer di musim panas. Namun kelengkeng juga buah yang tidak boleh dimakan selama kehamilan.  Pada periode ini akan menghadapi fenomena yang dikenal sebagai “panas dalam”. Jika ibu hamil makan banyak kelengkeng maka fenomena “panas dalam” akan lebih berbahaya dan dapat menyebabkan kekacauan janin, nyeri perut, flek bercak darah, sakit perut, tentunya merugikan bagi janin dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.




Pepaya Muda
Pepaya juga merupakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, terutama pepaya hijau. Ada banyak kasus ibu hamil, karena kurangnya pengalaman yang menggunakan pepaya hijau sebagai bahan untuk membuat masakan untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam 3 bulan pertama kehamilan. Makan pepaya hijau adalah yang paling umum dapat menjadi penyebab paling berbahaya untuk keguguran. Pepaya hijau sendiri dan pepaya muda mengandung enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang mengarah ke keguguran.




Nanas
Banyak ibu hamil berfikir dapat melahirkan dengan mudah jika minum jus nanas. Ini juga berarti bahwa ibu mengkonsumsi salah satu makanan berbahaya yang menyebabkan keguguran terutama pada 3 bulan pertama kehamilan, tetapi tidak semua orang tahu dengan baik tentang hal ini. Nanas mengandung bromelain dengan efek melembutkan rahim dan menyebabkan kontraksi, dimana menciptakan zat yang dapat menyebabkan keguguran. Jadi, dalam 3 bulan pertama kehamilan, ibu hamil harus benar-benar tidak makan nanas atau minum jus nanas. Setelah periode itu, ibu hamil boleh makan sejumlah kecil nanas karena juga mengandung banyak nutrisi yang sehat, tapi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu teratur.



MinumanYang Mengandung Merkuri
Ibu hamil sangat dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung merkuri. Karena bisa mengganggu kesehatan bayi serta ibunya. Jadi, periksalah terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam minuman yang akan anda minum. Selain minuman, anda juga harus menghindari pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri.



Minuman Bersoda
Sama seperti minuman beralkohol, minuman bersoda juga bisa menyebabkan kerusakan otak janin. Selain itu, minuman yang dapat menggugurkan kandungan tersebut bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang tidak normal, gangguan mental pada bayi, masalah pernafasan sampai kematian pada bayi.




Minuman Beralkohol
Sudah menjadi hal tentu bahwa minuman beralkohol masuk ke dalam daftar minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Minuman beralkohol bisa menyebabkan kerusakan otak bayi.





Minuman Berkafein
Minuman berkafein bisa menjadi salah satu daftar minuman yang dapat menggugurkan kandungan jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Jadi, kontrol konsumsi anda terhadap minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kandungan kafein pada kedua minuman tersebut mampu menembus dinding plasenta sehingga mengganggu sistem pernafasan serta detak jantung bayi.





Lidah buaya
Seperti semua orang tahu, lidah buaya dianggap sebagai “obat mujarab” untuk kecantikan wanita karena bahan alami ini bisa membantu dan memperkuat semua jenis kulit. Ini juga memiliki efek luar biasa pada penurunan berat badan. Namun, ibu hamil tidak boleh makan hidangan yang dibuat dengan lidah buaya atau minum jus lidah buaya karena ini dapat menyebabkan perdarahan panggul dan bahkan makanan yang dapat menyebabkan keguguran.





Jamu Tradisional
Perlu diwaspadai, bahwa tidak semua jamu tradisional aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa jamu tradisional yang termasuk dalam minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Jadi, hindari jamu tradisional yang tidak anda ketahui dengan betul. Atau anda bisa menggantinya dengan susu formula khusus ibu hamil agar lebih aman bagi kandungan anda.




Susu Yang Tidak Dipasteur
Susu memang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Tapi susu yang tidak di pasteur terlebih dahulu akan berbahaya karena terdapat bakteri listeria di dalamnya.




Kerang mentah
Penyakit banyak disebabkan oleh kerang kurang matang, termasuk tiram, dan kerang. Memasak memang dapat membantu mencegah beberapa jenis infeksi makanan yang dapat menyebabkan keguguran, tetapi tidak dapat mencegah infeksi dari ganggang.




Biji wijen dan madu
Makan biji wijen terlalu banyak, terutama biji wijen dicampur dengan madu dianggap sebagai faktor risiko yang mengarah wanita hamil dengan abortus spontan. Oleh karena itu, jika ibu sedang hamil, lebih baik makan wijen hitam di minggu-minggu terakhir kehamilan agar tanda-tanda akan melahirkan lebih mudah terlihat.




Hindari Konsumsi Vitamin C Terlalu Banyak
Makanan yang kaya vitamin C dianggap sebagai cara mencegah kehamilan tanpa KB, jika wanita mengkonsumsi terlalu banyak selama ovulasi dan siklus menstruasi. Selain itu, orang juga percaya bahwa dosis besar vitamin C merupakan kontrasepsi alami dan juga dapat menyebabkan keguguran di awal bulan pertama kehamilan.




Tauge Mentah
Selama masa kehamilan, alangkah baiknya jika anda menghindari makan tauge mentah. Karena dikhawatirkan di dalam tauge mentah tersebut terdapat bakteri yang bisa membahayakan ibu maupun janin. Bateri tersebut sangat sulit dihilangkan walaupun sudah dicuci sampai bersih. Hal tersebut dikarenakan bentuk tauge yang kecil. Pastikan tauge yang akan anda makan telah dimasak terlebih dahulu untuk membunuh bateri yang terkandung di dalamnya.




Tiramisu
Tiramisu termasuk dalam daftar makanan yang dapat menggugurkan kandungan karena sebagian besar tiramisu terbuat dari telur mentah




Pegagan
Pegagan memiliki banyak efek pada penyembuhan hipotensi. Ia juga memiliki efek antipiretik, efek diuretik. Ini adalah makanan yang banyak disajikan sebagai minuman dingin dan bahan makanan juga. Di musim panas, jus pegagan lebih disukai untuk mendinginkan panas bagi orang-orang yang bekerja di luar ruangan selama beberapa jam. Namun pegagan tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan mereka untuk hamil. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan keguguran ini karena membuat perut kembung dan perut dingin. Pegagan dapat berinteraksi dengan obat yang menyebabkan kantuk dan antikonvulsan, obat insomnia, dan obat-obatan antidepresan, mengurangi efektivitas insulin, obat diabetes, dan obat penurun kolesterol.





Jus kalengan
Ibu hamil harus memeriksa label produksi jus buah untuk memastikan apakah jus telah dipasteurisasi atau tidak. E. coli sendiri dapat ditemukan di jus buah kaleng, sehingga ibu hamil harus menghindari minum makanan ini untuk mencegah keguguran. Selama kehamilan, yang terbaik adalah jika ibu membuat jus buah di rumah minum. Ini akan lebih memastikan keselamatan ibu hamil.



Ikan kaleng
Jika ibu hamil suka ikan, harus membatasi konsumsi ikan kalengan pada khususnya dan semua jenis ikan pada umumnya selama kehamilan karena dapat terpengaruh oleh kontaminasi ikan yang hidup di sungai, danau dan kolam. Ikan merupakan sumber yang kaya protein dan vitamin, untuk mencegah risiko keguguran, ibu hamil benar-benar harus menghindari makan ikan. Terutama, tidak makan ikan kalengan karena mengandung bahan pengawet, garam, dan beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada ibu dimasa depan. Dan ini juga dapat menyebabkan retensi air yang berbahaya bagi kesehatan mereka.




Vitamin dan suplemen minyak ikan
Hindari konsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, suplemen multivitamin, ataupun suplemen minyak ikan. 




Hati
Sebaiknya hindari konsumsi hati ataupun produk atau olahan yang mengandung hati karena mengandung terlalu banyak vitamin A yang membahayakan bayi.




Daging mentah atau setengah matang
Ibu hamil yang mengonsumsi daging mentah atau setengah matang berisiko mengalami toksoplasmosis. Toxoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan parasite dalam daging setengah matang atau mentah, tanah, air mentah, susu kambing yang tidak terpasteurisasi, ataupun tinja kucing.

Untuk mencegah toksoplasmosis, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:
Pastikan tidak ada bekas darah dalam aneka olahan daging seperti dalam burger, ham, salami, pepperoni.
Setelah mengolah daging mentah, cuci dan keringkan tangan sepenuhnya. Juga cuci semua peralatan masak setelah mengolah daging mentah untuk menghindarkan penyebaran bakteri.
Menyimpan daging siap saji setidaknya 4 hari sebelum dikonsumsi dalam freezer dapat membantu mematikan sebagian besar parasit dan membuatnya lebih aman dikonsumsi.




Buah Peach
Meskipun buah buahan untuk ibu hamil butuh dikonsumsi, namun tidak dengan buah Peach manis atau buah persik, karena akan menyebabkan kerentanan terhadap pendarahan. Rambut peach juga dapat menyebabkan gatal-gatal dan tenggorokan terbakar. Oleh karena itu, ini juga merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan keguguran saat hamil.




Telur setengah matang dan telur mentah
Pastikan untuk memasak telur hingga matang sepenuhnya hingga seluruh bagiannya padat. Mengonsumsi telur setengah matang atau mentah berisiko menyebabkan ibu hamil mengalami keracunan salmonella yang membuat Anda muntah dan diare. Juga hindari makanan yang mengandung telur mentah atau setengah matang seperti mayonaise.




Makanan yang tidak dicuci
Permukaan sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci dapat mengandung parasit dan bakteri seperti E. coli, Salmonella, Listeria, dan Toksoplasma yang berasal dari proses produksi, panen, transportasi, hingga penyimpanan.




Soft cheese
Soft cheese terbuat dari susu yang tidak terpasteurisasi. Pastikan membeli keju yang terbuat dari susu yang terpasteurisasi. Beberapa jenis keju ini juga lebih tidak asam dan mengandung moisture sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri berbahaya yang dapat menggugurkan kandungan hingga bayi lahir dengan penyakit berbahaya.



Kepiting
Fakta bahwa memang kepiting mengandung nutrisi yang tinggi. Terutama dalam kepiting memiliki sumber manfaat kalsium bagi ibu hamil yang tinggi. Namun, menurut kedokteran Oriental, kepiting memiliki efek pada deportasi tumor sehingga kepiting mengarah pada risiko tinggi penyebab keguguran atau kelahiran prematur. Secara khusus, ibu hamil yang baru sembuh setelah sakit memiliki sistem pencernaan yang lemah. Jika makan terlalu banyak kepiting, akan terjadi diare, flu, atau alergi dingin dengan mudah. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kepiting mereka, juga karena kepiting mengandung kolesterol yang tinggi.




Seafood yang diasapi
Seafood yang diolah sebagai asap atau dendeng harus dihindari karena dapat terkontaminasi dengan Bakteri Listeria. Kecuali ibu tidak memasaknya dengan cara demikian akan tetapi memasaknya dengan teknik tepat agar matang secara keseluruhan.




Apel liar
Apel liar yang asam, pahit, dan manis yang merupakan makanan ringan yang sempurna untuk ibu hamil dengan kehamilan morning sickness, namun buah ini sebenarnya tidak baik untuk wanita hamil sama sekali. Menurut banyak dokumen, apel liar dapat merangsang rahim dan membuat kontraksi pada uterus, menyebabkan keguguran dan kelahiran secara prematur. Oleh karena itu, ini juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari.




Kentang yang tumbuh tunas hijau
Makanan yang dapat menyebabkan keguguran ini tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, tapi semua orang juga tidak boleh makan. Hal ini dikarenakan, karena kentang yang tumbuh tunas hijau dapat mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Terutama solanin pada kentang, tunas hijau akan mempengaruhi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari makanan dan olahan yang mengandung kentang yang ada tunas ini.




Katuk
Katuk dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi panas tubuh, detoksifikasi racun, memelihara aliran darah dan juga dapat digunakan sebagai pencahar. Katuk mengandung vitamin K, vitamin yang langka. Katuk juga mengandung sejumlah kaya protein nabati, besi, mangan, dan vitamin A. Namun, katuk merupakan makanan yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Katuk mengandung papaverin, adalah zat yang ditemukan dalam opium, meninggalkan efek pada perluasan otot polos pembuluh darah untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan darah rendah. Jika seorang ibu hamil dan mengkonsumsi lebih dari 30 mg sayuran ini, maka dapat menghadapi kontraksi rahim dan keguguran.




Pare
Pare kaya akan vitamin B, zat besi, seng, kalium, mangan, magnesium. Sehingga buah ini memainkan peran penting dalam memberikan nutrisi untuk tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, wanita hamil dan ibu menyusui tidak boleh makan pare karena dapat menyebabkan kontraksi rahim, perdarahan pada janin dan kerusakan pada janin. Selain itu, pare dapat mengiritasi rahim dan dapat menyebabkan kelahiran prematur. Ibu yang sedang menyusui sebaiknya juga tidak makan pare.




Mengkonsumsi makanan tinggi Vitamin A
Penting untuk menghindari vitamin A selama kehamilan karena dapat menyebabkan efek samping yaitu kerusakan pada janin. Itulah alasan mengapa wanita hamil membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A.




Barley
Barley adalah sereal yang sering diolah menjadi berbagai makanan bergizi. Namun, barley dapat merangsang otot-otot halus rahim sehingga terjadi kontraksi uterus dan karena itu dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.





Nah itu lah artikel mengenai Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan   nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .