Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ? Biar gak salah kaprah, yuk simak penjelasannya !

Perkembangan seorang bayi sangat dinantikan oleh setiap orang tua. Salah satu perkembangan bayi yang paling dinantikan adalah bisa duduk. Karena mamang hanya sekedar bayi bisa dudu saja, sudah membuat orang tua sangat senang dan bangga.

Sehingga banyak orang tua yang bertanya umur berapa bayi bisa duduk. Umumnya proses bayi bisa duduk dengan tahap sedikit demi sedikit, dimana punggung bayi akan mulai kuat. Jika punggung bayi telah kuat, maka bisa memosisikan bayi siap duduk.

umur berapa bayi bisa duduk, bayi
gambar umur berapa bayi bisa duduk


Jika anda penasaran umur berapa bayi bisa duduk, maka berikut ini perkembangan bayi hingga bisa duduk:

- Umur 3 hingga 4 bulan

Umur berapa bayi bisa duduk dimulai dengan otot leher akan semakin kuat pada usia 3 hingga 4 bulan. Tahap pertama adalah bayi akan muai mengangkat kepala ketika dalam posisi tengkurap, sedangkan tangan dan kaki akan menyangga bagian tubuh. Atau posisi ini mirip dengan seseorang yang sedang push up.

Untuk membantu meningkatkan kekuatan otot leher anda bisa dengan melatih bayi anda dengan mencoba meletakan bayi anda di atas dada dimana wajahnya menatap wajah anda. Hal tersebut bermanfaat untuk membantu bayi mengangkat kepalanya.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan meletakan bantal dengan membentuk huruf C di bawah ketiak bayi. Hal tersebut akan membatu menyokong dadanya yang akan membuat bayi mengangkat kepalanya menjauhi lantai.

- Umur 5 hingga 6 bulan

Pertanyaan umur berapa bayi bisa duduk akan terjawab ketika bayi telah berumur 5 hingga 6 bulan. dimana pada umur tersebut otot bayi sudah semakin kuat. Untuk melatih agar bayi anda bisa duduk, bisa dengan menggunakan kursi kasus bayi.

Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan bantal yang digunakan untuk membatu bayi untuk bersandar. Namun dalam melatihnya, tentunya harus degan pengawasan ekstra, agar tidak terjadi hal buruk.

Hal tersebut karena umur 5 hingga 6 bulan, bayi sudah bisa mengangkat kepalanya, namun masih goyah karena belum maupun menjaga keseimbangannya. Agar bayi bisa duduk sempurna maka lakukan latihan secara rutin.

Anda juga bisa melatihnya dengan cara anda duduk bersilah, kemudian letakkan bayi di pangkuan anda. Hal tersebut karena penopang sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan bayi.


- Umur 7 hingga 8 bulan

Umur berapa bayi bisa duduk? Jawabannya adalah sekitar 7 hingga 8 bulan. Sebab dalam usia tersebut bayi telah memiliki otot yang kuat, sehingga bisa menopang tubuhnya tanpa bantuan tangan yang menapak pada lantai.

Bila bayi anda bisa duduk sendiri, maka langkah selanjutnya adalah dengan melatih bayi anda agar bisa meraih benda yang ada di sekitarnya, agar bayi bisa bergerak secara bebas.

Dalam beberapa kasus, ada juga bayi yang bisa duduk setelah berumur 9 bulan hal tersebut disebabkan karena bayi banyak menghabiskan waktunya untuk berbaring, bahkan juga karena kurangnya orang tua dalam melatih bayi.

Sehingga pertanyaan umur berapa bayi bisa duduk, akan terjawab tergantung bagaimana nada melatih bayinya untuk duduk. Bahkan bayi juga bisa mulai duduk pada umur 7 bulan, jika anda melatihnya dengan maksimal.

Jangan khawatir bayi anda tak bisa duduk sendiri pada usia seharusnya, karena jika anda melakukan latihan secara rutin maka akan membuat bayi bisa duduk sendiri bahkan sebelum usia normal.

Namun meski demikian, jangan melakukan latihan terlalu keras, sebab bayi akan kelelahan yang akan menyebabkan gangguan terhadap kesehatannya.





Nah itu lah artikel mengenai umur berapa bayi bisa duduk  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ? Biar gak salah kaprah, yuk simak penjelasannya !"

Post a Comment