Posisi Bayi Dalam Kandungan yang Wajib Bumil Ketahui !

bayi, posisi bayi dalam kandungan, kandungan, posisi bayi, bayi dalam kandungan, posisi bayi sungsang, posisi bayi melintang,
Gambar Posisi Bayi Dalam Kandungan



Masa kehamilan merupakan masa yang paling dinantikan bagi pasangan yang telah menikah, apalagi yang baru menikah. Dalam kehamilan pertama umumnya wanita akan cenderung khawatir terhadap janin yang dikandungnya, sebab ia belum berpengalaman dalam kehamilan.

Seorang ibu hamil tentunya sangat penasaran terhadap posisi bayi dalam kandungan. Sebab selama masa kehamilan, bayi akan bergerak dan mengalami perubahan posisi. Apalagi posisi bayi dalam kandungan sangat mempengaruhi dengan persalinan yang akan dilakukan nantinya.

Dengan demikian, tentunya anda harus dapat mengetahui bagaimana posisi bayi dalam kandungan, agar persalinan yang dilakukan nantinya dapat dilakukan dengan baik.

Umumnya, anda akan mulai merasakan pergerakan bayi ketika memasuki bulan ke empat. Bahkan seiring berkembangnya kehamilan, anda juga bisa merasakan seperti bayi sedang menendang. Apalagi ada masa kehamilan trimester kedua, bayi akan mengalami pergerakan sesuai dengan keaktifan bayi.






Jika kehamilan telah mendekati masa kehamilan maka posisi bayi dalam kandungan sangat penting.
Beberapa posisi bayi menjelang  persalinan yang perlu anda ketahui yaitu:

-          Posisi Bayi Dalam Kandungan kepala di bagian bawah

Posisi bayi dalam kandungan menjelang kelahiran adalah kepala berada di bagian bawah. Bila bayi berada dalam posisi ini maka bisa dilakukan dengan persalinan normal, karena kepala bayi sudah berada di jalan lahir.
Perlu anda ketahui, pastikan posisi bayi dalam kandungan dengan bagian kepala di pada bulan ke sembilan. Sebab jika posisi tersebut terjadi di bulan ke delapan, maka akan mengakibatkan bayi mengalami kekurangan ruang pada rahim.
Sebaliknya, jika telah menginjak sembilan bulan akhir kepala bayi tak berada dibawah, juga perlu diwaspadai. Hal tersebut karena bayi mengalami sungsang, dan bisa dilakukan dengan persalinan tak normal.

-          Posisi Bayi Dalam Kandungan posterior

Selain posisi kepala bayi berada di bawah, anda juga perlu mengetahui posisi posterior. Secara normal bayi akan menghadap ke  arah tulang punggung supaya poses persalinan akan lancar. Namun jika bayi berada di posisi menghadap perut ibu, maka posisi tersebut disebut  sebagai posisi posterior. Dimana posisi tersebut akan membuat ibu merasa nyeri dan tak nyaman.

-          Posisi Bayi Dalam Kandungan melintang

Secara umum memang posisi bayi dalam kandungan yaitu kepala bayi berada di bawah dan kaki berada di atas. Namun tak jarang pula terdapat ibu hamil yang memiliki posisi melintang dimana kepala dan kak bayi melintang dari kanan dab kiri perut ibu.
Hati-hati terhadap posisi bayi dalam kandungan secara melintang, sebab jalan akhir persalinannya bisa dengan cara caesar. Namun tak jarang pula dokter bisa mengupayakan agar persalinan dapat dilakukan secara normal.

-          Posisi Bayi Dalam Kandungan sungsang

Secara normal bayi perkembangan bayi pada bulan ke sembilan kepala akan berada di bagian bawah tepatnya di jalan lahir, dan kepala di bagian atas.
Namun tak jarang terdapat ibu yang mengalami gangguan perkembangan, dimana ketika telah siap menjelang proses persalinan posisi kepala bayi berada di atas, sedangkan kaki berada di bawah. Jika hal demikian terjadi, maka jalan akhir dari proses persalinan adalah dengan cara operasi caesar.




bayi, posisi bayi dalam kandungan, kandungan, posisi bayi, bayi dalam kandungan, posisi bayi sungsang, posisi bayi melintang,



Mengetahui posisi bayi dalam kandungan memang merupakan hal yang sangat diperlukan. Sebab perkembangan posisi bayi akan mempengaruhi proses kelahiran. Jika posisi bayi dalam kandungan berjalan secara normal dan baik, maka bukan hal yang tak mungkin jika proses kelahiran dapat dilakukan secara normal.

Umumnya perkembangan posisi bayi dalam kandungan dipengaruhi oleh faktor aktivitas ibu. Sehingga sebagai ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas.


Tak kalah penting juga, ibu hamil juga harus memperhatikan nutrisi yang diserap selama masa kehamilan. Sebab nutrisi merupakan penunjang kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandung.


Nah itu lah artikel mengenai posisi bayi dalam kandungan nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Posisi Bayi Dalam Kandungan yang Wajib Bumil Ketahui !"

Post a Comment