Adsense

Suhu Badan Normal Bayi Berapakah ? Pastikan Kesehatan Bayimu !

Suhu bayi umumnya mengalami perubahan, bahkan terkadang mengalami kenaikan suhu yang menyebabkan demam. Sebenarnya, demam pada bayi bukan merupakan penyakit yang berbahaya hal tersebut merupakan reaksi sistem imun yang  untuk melawan penyakit seperti virus maupun bakteri.

suhu badan normal bayi, bayi, suhu badan normal, suhu badan bayi
Suhu Badan Normal Bayi Berapakah ? 


Meskipun demikian, namun terkadang ketika terjadi kondisi dimana suhu tubuh naik pada bayi juga perlu diwaspadai. Mengetahui suhu badan normal bayi memang sangat diperlukan, sebab suhu tubuh merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan bayi.

Suhu badan normal bayi yaitu sekitar 36 hingga 37 derajat celcius. Sehingga bila suhu bayi kurang dari atau lebih dari 360C-370C, maka bisa dikatakan tak normal. Namun terkadang suhu tak normal pada bayi tidak perlu dikhawatirkan.

Demam yang perlu diwaspadai pada bayi yaitu ketika bayi usia 3 sampai 6 bulan memiliki suhu tubuh hingga 39 derajat celcius. Sebab akibat dari kenaikan susu tersebut bisa menyebabkan bayi mengalami kejang demam, sulit bernapas dan sulit minum. 

Anda juga harus mewaspadai bila bati anda mengalami demam yang disertai dengan mulut kering, ubun-ubun cekung ke dalam dan menangis namun tidak mengeluarkan air mata.

Meski demikian, ketika bayi anda mengalami demam tinggi, jangan diturunkan dengan sangat cepat, namun dilakukan secara bertahap. 




Pastikan anda jangan merendam bayi pada air dingin ketika sedang demam, sebab air dingin akan membuat bayi menjadi menggigil. Dan perlu anda ketahui, menggigil akan membuat suhu tubuh bayi semakin panas.

Agar suhu badan normal bayi bisa kembali setelah mengalami demam, maka perlu mengukurnya secara berkala. Dimana pengukuran suhu dilakukan setiap 4-6 jam. Lakukan hal tersebut hingga 3 hari, namun jika dalam 3 hari tidak mengalami perubahan atau semakin mengalami peningkatan maka segera periksakan pada dokter.

Lalu dimana mengukurnya? Untuk mengukur suhu tubuh bayi. Bisa anda lakukan dengan menggunakan termometer yang diletakkan di mulut, ketiak atau anus. Baru-baru ini juga telah ada termometer yang telah canggih, yang hanya bisa diletakkan di telinga atau dahi.

Suhu badan normal bayi dapat ditentukan dengan cara melakukan pengukuran beberapa kali dalam jangka waktu yang berbeda. Seperti pada pagi, siang, sore serta malam hari. Hal tersebut agar dapat menyetabilkan suhu bayi.

Hal yang perlu anda ketahui ketika mengukur suhu tubuh bayi yaitu jangan menggunakan termometer kaca pada mulut bayi, sebab bila termometer tersebut pecah, air raksanya bisa menyebabkan keracunan pada anak. Dan jangan mengukur suhu bayi di bagian anus tanpa adanya bantuan dari petugas kesehatan.

Perubahan suhu yang terjadi pada anak sebaiknya jangan terlalu diandalkan atau dijadikan sebagai metode untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi. Sebab suhu  tubuh juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Mengetahui perubahan perilaku pada anak juga sangat penting. Bila anak anda mengalami penurunan nafsu makan, lesu namun suhu badan bayi tetap normal bisa saja itu menandakan kemungkinan ada penyakit yang menyerang.

Cara mengembalikan suhu badan normal bayi setelah demam, yaitu dengan melakukan perawatan ekstra. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan makanan atau minuman yang bisa menurunkan panas bayi. Dan hindari makanan atau minuman yang menyebabkan bayi menjadi semakin demam.

Menjaga suhu badan normal bayi tetap terjaga merupakan hal yang sangat penting, sebab suhu tubuh merupakan indikator untuk mengetahui kesehatan bayi. Sebab bayi tidak bisa mengungkapkan keluhan yang dirasakannya.

Sehingga untuk mencegah terjadinya kenaikan suhu tubuh bayi, maka harus dengan menjaga pola hidup dan pola makan bayi secara baik.






Nah itu lah artikel mengenai berapa suhu badan normal bayi , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .