Adsense

Informasi Tentang Lidah Bayi Putih Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi lidah bayi putih, lidah bayi putih, bayi, ibu hamil,
gambar lidah bayi putih dan cara mengatasinya


Lidah bayi putih mungkin dirasakan oleh beberapa ibu. Meski kondisi tersebut bukan merupakan hal yang berbahaya, namun perlu diwaspadai. Sebab kondisi tersebut juga bisa merupakan indikasi bayi terkena infeksi lidah.

Umumnya lidah bayi putih atau oral thrush akan menerang siapa saja, yang disebabkan oleh bakteri Candida albicans. Dalam mulut yang sehat, jenis jamur ini memang tidak akan menyebabkan terjadinya masalah. Namun bila mengalami pertumbuhan yang cepat, maka akan dapat menginfeksi selaput pada mulut.

Selain lidah bayi putih, bakteri terebut juga bisa menyebabkan munculnya bercak atau bintik yang menyerupai butiran keju yang berada di langit-langit mulut, gusi, lidah dan pipi bagian dalam.  Lalu  berapa besar risiko lidah bayi putih?

Memang umumnya, bayi lebih berisiko mengali lidah putih dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh bayi masih belum bisa berkembang dengan baik, sehingga mudah terkena infeksi.

Selain itu, daya imun bati juga masih belu berkembang dengan optimal, sehingga infeksi juga bisa disebabkan karena efek dari penggunaan antibiotik. 

Dimana penggunaan antibiotik secara tidak sengaja yang bisa membunuh bakteri baik dalam mulut bayi. Dengan demikian, maka pastikan anda memilih jenis antibiotik yang baik untuk bayi.

Selain itu penyebab lidah bayi putih, juga dikarenakan oleh aktivitas menyusui atau sedang menjalankan suatu pengobatan antibiotik. Sehingga memberikan efek terhambatnya pertumbuhan bakteri biak pada mulut bayi yang mengontrol jumlah dari jamur Candida.

Perhatian! Perlu anda ketahui, bahwa infeksi yang menyebabkan lidah bayi putih juga bisa menular ke puting ibu ketika bayi sedang menyusu. 

Bila ibu menyusui terkena jenis jamur ini akan mengalai beberapa gejala. Diantaranya yakni nyeri di bagian payudara ketika menyusui, puting terasa gatal, san area sekitar puting bersisik.



Lalu bagaimana cara mengatasi lidah bayi putih? Berikut ini cara membersihkan lidah bayi putih:


- Cara mengatasi lidah bayi putih karena bekas susu

Salah satu penyebab lidah bayi putih, adalah bekas susu dalam lidah. Dimana efeknya akan menimbulkan bercak putih pada lidah bayi. 
Cara membersihkan lidah bayi putih yang bisa anda lakukan yaitu dengan clupkan kain bersih dan steril pada air hangat. Kemudian usapkan secara perlahan pada lidah bayi secara lembut dengan gerakan melingkar.


- Cara mengatasi lidah bayi putih karena oral thrush

Sebenarnya oral thrush merupakan hal yang ringan dan dapat sembuh atau hilang dengan snedronya. Namun juga bisa menjadi parah jika dibiarkan dalam waktu yang lama. 
Umumnya dokter akan memberikan jenis obat nistatin tetes atau jenis lotion ant jamur topikal. Hal tersebut dapat digunakan secara berkala setiap hari. 


- Cara mengatasi puting ibu menyusui

Penyebab lidah bayi putih juga karena jamur yang berasal dari puting ibu. Sehingga anda juga bisa menggunakan jenis pengobatan yang sama. Dimana sebelum melakukan proses menyusui, maka pastikan puting bersih dan kering.


Dot yang digunakan pada bati, hendaknya juga harus steril. Anda bisa mensterilkan dengan cara di rebut menggunakan air mendidih dalam waktu 20 menit.

Bila lidah bayi putih memang tak perlu dikhawatirkan, sebab memang umum terjadi. Meski demikian, tentunya perlu diatasi agar  tidak memberikan efek buruk pada kesehatan bau. 

Sedangkan untuk menjaga agar lidah bayi tetap sehat, maka perhatikan makanan yang dikonsumsi bayi. Selain itu, untuk menjaga agar lidah bayi selalu sehat, maka perhatikan kebersihan bayi.


Nah itu lah artikel mengenai informasi tentang lidah bayi putih dan cara mengatasi nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .