Adsense

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Sebesar Apa ? Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

bayi, bayi dalam kandungan, kesehatan bayi, Bayi usia, Bayi usia 1 Bulan, bayi usia 1 bulan sebesar apa,
bayi, bayi dalam kandungan, kesehatan bayi, Bayi usia, Bayi usia 1 Bulan, bayi usia 1 bulan sebesar apa,


Hadirnya buah hati di tengah keluarga yang sudah menikah memang menjadi moment yang selalu dinantikan oleh kebanyakan pasangan. Dengan hadirnya sang buah hati  tentunya bisa menjadi pelengkap kebahagiaan sehingga hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis.

Bagi Anda yang tengah mendapatkan kabar bahagia tentang kehamilan yang sedang dialami, beberapa hal seputar perkembangan bayi usia 1 bulan sebesar apa dan apa yang harus diperhatikan. Di tahap bayi usia 1 bulan, hampir semua wanita belum terlihat seperti orang hamil, akan tetapi mungkin sudah merasakan gejala tertentu seperti terlambat menstruasi, muntah dan mual atau yang biasa disebut dengan morning sickness. 

Pembuahan umumnya terjadi sekitar 2 minggu sesudah haid terakhir dimana masa tersebut merupakan masa tubuh memproduksi lebih sel telur. Ketika mencapai usia bayi usia 1 bulan, bentuk bayi masih terdiri akan kumpulan sel embrio yang terus berkembang untuk menjadi bayi pada bulan-bulan selanjutnya.

Pertumbuhan Bayi Usia 1 Bulan Sebesar Apa ?


Ketika usia kehamilan 1 bulan atau 4 minggu maka bentuk bayi masih menyerupai titik kecil dengan ukuran kurang lebih 0,2  cm. setelah itu, sel dalam embrio akan mengelompok dan akan berkembang menjadi bagian tubuh. Dan berikut tahapan usia kehamilan saat bayi usia 1 bulan dari minggu ke minggu.

- Bayi Usia 1 Bulan Sebesar Apa Pada Minggu Pertama Minggu Pertama

Di minggu ini sudah dimulai perhitungan tanggal kelahiran bayi Anda, akan tetapi belum ada yang terlihat apapun pada rahim. Lalu, mengapa ditahap ini sudah bisa disebut dengan kehamilan minggu pertama padahal di dalam rahim belum terdapat apa-apa?

Yang mudah dipastikan ditahap ini yaitu hari pertama menstruasi Anda berakhir dengan cara menandai kalender. Cara ini akan memudahkan bidan atau dokter dalam menggunakan garis start menuju 40 minggu kehamilan.

- Bayi Usia 1 Bulan Pada Minggu Kedua

Keadaan bayi pada minggu kedua juga masih belum ada apa-apa, namun tubuh Anda mungkin tidak beristirahat karena tubuh akan berusaha keras untuk melepaskan sel telur. Keadaan dinding rahim pun akan menebal karena akan dijadikan sebagai tempat untuk menyambut kedatangan sel telur yang berhasil dibuahi.

Folikel-folikel pada indung telur juga akan mengalami pematangan lebih cepat. Folikel tersebut akan memulai perjalanannya dimulai dari sel tunggal menjadi bayi perempuan atau laki-laki yang sehat. 

- Sebesar Apa Bayi Usia 1 Bulan Pada Minggu Ketiga 

Di minggu ini maka calon bayi Anda akan mengalami perubahan dari sel telur menjadi bayi perempuan atau laki-laki yang sempurna. Beberapa jam sesudah sel sperma bertemu dengan sel telur, maka sel telur akan dibuahi untuk menjadi zigot untuk terus membelah diri.

Setelah beberapa hari maka calon bayi Anda akan menjadi sekumpulan sel yang biasa disebut dengan blastosis. Blastosis tersebut akan memulai perjalananya dimulai dari tuba falopi menuju rahim.



- Bayi Usia 1 Bulan Pada Minggu Keempat

Sekumpulan sel tersebut sudah mencapai rahim dan sudah menempel pada dinding rahim pada tempat dimana ia bisa terhubung dengan Anda sampai tiba kelahirannya. Setelah menempel dengan kuat, sekumpulan sel tersebut akan membelah menjadi dua kelompok.

Setengah dari kelompok tersebut akan menjadi janin, sedangkan sisanya akan menjadi plasenta yang merupakan tali penyambung kehidupan bagi janin Anda selama berada di dalam rahim.

Perlu diketahui pada setiap lapisan embrio saat ini sudah mempunyai tiga lapisan yaitu:


  1. Lapisan dalam disebut dengan endodermis dimana lapisan tersebut akan berkembang menjadi sistem pencernaan, paru-paru dan hati.
  2. Lapisan tengah disebut mesodermins yang akan berubah menjadi organ kelamin, jantung, otot, ginjal dan tulang
  3. Lapisan luar disebut dengan ektodermis yang akan membentuk mata, rambut, kulit dan sistem saraf.


Dengan Anda mengetahui tahapan dan perkembangan bayi usia 1 bulan  di atas akan membantu janin lahir cacat, sehingga pengetahuan dan pemahaman mengenai janin selama kehamilan wajib diketahui oleh para ibu hamil.


Nah itu lah artikel mengenai Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Sebesar Apa dan apa saja yang harus diperhatikannya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .