Adsense

Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya

trombosit, pengertian trombosit, struktur trombosit, fungsi trombosit, trombosit adalah, pengertian trombosit, pengetahuan umum, pengertian
Gambar Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya

Pengertian trombosit yaitu sel darah yang memiliki fungsi sebagai proses pembekuan darah. Selain memiliki nama trombosit, jenis sel darah ini juga memiliki nama lain yaitu platelet. Keberadaan sell darah ini sangat penting dalam tubuh, sebab ketika terjadi luka di kulit maka akan menyembuhkan luka.

Secara normal, di dalam tubuh manusia terdapat 150.000 hingga 400.000 trombosit per mikro liter darah. Sehingga jenis seseorang memiliki trombosit dengan jumlah kurang dari 15000 maka disebut dengan trombositopenia, sedangkan jika lebih dari 400.000 maka disebut dengan trombositosis.

Sedangkan masa hidup trombosit  hanya berlangsung selama 5 hingga 9 hari pada darah. Hal tersebut karena trombosit yang telah rusak dan tua akan dihilangkan dalam aliran darah melalui organ lima yang selanjutnya akan digantikan dengan trombosit yang baru.

Selain pengertian trombosit yang perlu Anda ketahui, tentunya Anda juga harus mengetahui fungsi trombosit dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari trombosit ini yaitu untuk pembekuan darah. 

Dengan demikian maka, ketika pembuluh darah bocor atau luka, maka secara langsung tubuh dapat melakukan penghentian darah dengan 3 mekanisme, diantaranya yaitu:

- Aktivitas trombosit
- Menjalankan pengkerutan atau kontruksi di bagian pembuluh darah yang bocor atau terluka
- Melakukan aktivitas komponen pembekuan darah dengan lainnya dalam plasma darah

Dengan demikian maka, setiap perubahan yang terjadi dalam tubuh maka akan terdeteksi, sehingga jika terjadi pendarahan maka akan terdeteksi dengan  baik. Dimana reaksi pertama yang akan dilakukan yaitu dengan mengerutkan pembuluh darah yang luka agar darah keluar dengan sedikit, serta lubang kebocoran akan mengecil.

Selain pengertian trombosit yang telah dijelaskan diatas, trombosit juga dapat memberikan sinyal kepada trombosit lainnya dengan faktor pembekuan darah supaya bisa menjuju ke arah cedera agar bisa menutup luka.

Selain pengertian trombosit serta fungsinya, lalu bagaimana proses kerja trombosit yang sebenarnya?

Diantaranya yaitu:

- Adhesi trombosit

pengertian adhesi trombosit yaitu pelekatan antara jaringan endotel dengan trombosit serta jaringan yang mengalami cedera. Dengan begitu maka akan menutup luka dalam pembuluh darah dengan baik. 

Dimana proses pelekatan yang menjadikan interaksi antara jaringan cedera dengan permukaan trombosit akan meningkatkan daya lekat serta dapat memanggil faktor koagulasi.

- Agresi trombosit

pengertian trombosit jenis ini yaitu kemampuan trombosit yang dapat melekat antara satu dengan lainnya agar terjadi sumbatan. 

Dengan melekatnya trombosit ini maka cedera ketika proses adhesi bisa menjadikan trombosit bisa melekat di dalamnya, sehinga luka akan tertutup oleh sumbatan.

- Pembebasan trombosit

Pembebasan trombosit merupakan suatu reaksi yang dilakukan untuk membantu koagulasi atau sumbatan trombosit yang stabil.  Dan proses ini juga di picu oleh pelepasan isi granula trombosit. Seperti kolagen, ADP, apinefrin serta lainnya.



- Fusi trombosit

Fusi trombosit yakni suatu reaksi gabungan dari trombosit yang memiliki sifat irreversibel. Dimana proses ini dipicu dengan tingginya reaksi pelepasan. Dimana komposisi fibrin dapat memperkuat jaringan bati yang telah terbentuk oleh jaringan luka.

Sedangkan struktur trombosit yaitu umumnya trombosit memiliki ukuran sekitar 1 hingga 4 mikron, dimana dengan bentuk selnya seperti piringan serta tidak memiliki inti sel. Namun meski tak mempunyai inti sel, trombosit masih bisa menjalankan sintesa protein. 

Sebab mempunyai kandungan RNA dalam sitoplasama, dimana diameter selnya memiliki ukuran 2 hingga 3 mikro.

Selain itu, trombosit juga mempunyai membran dengan 3 lapis atau trilaminar serta sistem membran yang mempunyai ruang atau kanakulit.



Nah itu lah artikel mengenai informasi tentang Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan