Proses Keluarnya Bayi dari Rahim saat Melahirkan yang Wajib Kamu Tau !

Bisa melahirkan secara normal tentunya menjadi hal yang diidamkan oleh para ibu hamil. Proses keluarnya bayi dari rahim saat melahirkan ini pun menjadi moment yang menegangkan terlebih bagi mereka yang baru pertama kali mengalami proses ini. Tak heran, mereka yang akan menghadapi proses melahirkan akan merasa khawatir dan cemas karena proses tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Bayi, rahim, proses keluarnya bayi dari rahim, bumil, ibu hamil, melahirkan, proses melahirkan, proses keluarnya bayi dari rahim saat melahirkan, ibu,
Gambar Proses Keluarnya Bayi dari Rahim saat Melahirkan yang Wajib Kamu Tau !


Saat usia kandungan sudah mendekati waktu persalinan biasanya Anda akan mengalami kontraksi. Kontraksi tersebut menjadi tanda bahwa waktu kelahiran bayi akan segera tiba. Saat hal tersebut terjadi, maka secara alami tubuh akan memberikan jalan untuk keluarnya bayi yang ditandai dengan meregangnya otot-otot disekitar miss v dan perut.

Untuk mengetahui tahapan kelahiran, berikut  yang harus diketahui para ibu hamil ketika proses keluarnya bayi dari rahim :


- Proses Keluarnya Bayi dari Rahim Tahap Pertama Saat Melahirkan Normal

Yang harus diketahui saat proses keluarnya bayi dari rahim yang pertama yaitu Anda akan mengalami kontraksi untuk membuka jalannya bayi yang akan keluar. Saat kondisi tersebut, maka tubuh Anda akan siap melahirkan bayi. Di tahap pertama ini akan berlangsung hingga ke leher rahim yang akan terbuka sebesar 10 cm.

Secara umum, hal ini akan memerlukan waktu sampai beberapa jam bahkan sampai beberapa hari tergantung leher rahim Anda bisa terbuka sepenuhnya untuk mengeluarkan bayi. Karena pada tiap ibu hamil memiliki waktu yang berbeda tiap melewati tahapan ini.

- Tahap Kedua Saat Melahirkan Normal

Di tahap ini, Anda harus mengeluarkan bayi Anda dengan cara mendorongnya sampai benar-benar keluar. Ketika berada dileher rahim Anda sudah terbuka 10 cm, maka Anda juga harus mengatur pernapasan dan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan dorongan. 

Apabila Anda baru pertama kali melakukan proses melahirkan, proses keluarnya bayi dari rahim ini mungkin akan terjadi selama 3 jam lamanya. Namun, apabila Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya maka ditahap ini Anda akan berjalan dengan lancar kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai 1 jam.

- Tahap Ketiga Saat Melahirkan Normal

Untuk proses keluarnya bayi dari rahim ditahap ketiga ini dimana bayi sudah berhasil dilahirkan, namun tubuh  masih mengalami kontraksi guna mengeluarkan ari-ari bayi Anda. Anda tak perlu khawatir karena Anda tidak membutuhkan tenaga yang kuat seperti ditahap mengeluarkan bayi. bahkan, Anda juga bisa mendapat bantuan obat untuk bisa mempercepat proses pengeluaran ari-ari bayi tersebut.


Faktor Yang Mempengaruhi Lamanya Mendorong Bayi

Waktu yang Anda butuhkan saat proses keluarnya bayi dari rahim memang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya sebagai berikut :

1. Pengalaman Melahirkan

Apabila Anda baru pertama melakukan kelahiran normal, atau sebelumnya Anda pernah melahirkan secara cesar, maka mungkin saja Anda akan memerlukan waktu lebih lama ketika proses mengeluarkan bayi. Hal ini dikarenakan otot-otot pada pinggul Anda belum pernah meregang sebelumnya sehingga waktu yang dibutuhkan pun bisa sampai dua sampai tiga kali dorongan.

2. Posisi Kepala Bayi

Pada proses persalinan normal, posisi bayi harus berada di bawah dan menghadap ke bawah tulang ekor ibunya atau yang biasa disebut dengan anterior. Bayi dengan posisi ini akan membutuhkan sedikit waktu untuk proses melahirkan. Tetapi, untuk bayi dengan posisi posterior atau menghadap ke atas akan membutuhkan waktu yang lebih lama supaya bayi didorong keluar.
Beberapa tahapan di atas tentunya harus dilewati dengan baik agar proses keluarnya bayi dari rahim secara normal bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk menjaga selalu stamina untuk mendukung keadaan bayi setelah melahirkan. 





Nah itu lah artikel mengenai Proses Keluarnya Bayi dari Rahim  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Proses Keluarnya Bayi dari Rahim saat Melahirkan yang Wajib Kamu Tau !"

Post a Comment