Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya

protista, pengertian protista, ciri ciri protista, pengertian, pengetahuan umum,
Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya

Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui tentang protista sehingga banyak yang mencari pengertian protista. 

Dengan demikian, pengertian protista yaitu sejenis organisme yang mempunyai struktur dengan bentuk sel eukariotik, multiseluler san uniseluler. Protista juga tidak memiliki jaringan yang sebenarnya. Bahkan setiap anggota protista memiliki cara hidup dan bentuk morfologi yang berbeda antara satu dengan lainnya. 


Pada beberapa jenis, protista juga mirip dengan sifat jamur, tumbuhan dan hewan lainnya. Selain pengertian protista tersebut, klasifikasi lima kingdom yang disusun Whittaker menyebutkan protista dibahas secara terpisah sebagai kingdom sendiri. 

Contohnya, protista mirip dengan hewan. Maka mencakup dalam kelompok protozoa yang sebelumnya telah digolongkan dalam kingdom Animalia khususnya dalam kelompok hewan tidak bertulang atau intervertebrata yang masih satu filum. 

Selain itu, protista juga mirip dengan jamur dan tumbuhan. Jika mirip dengan tumbuhan contohnya ganggang atau adaer, sedangkan protista yang mirip jamur yaitu Oomycota yang sebelumnya elah dikelompokkan dalam kingdom Plantae.

Selain penjelasan dari pengertian protista, beberapa ciri-ciri protista yaitu:

Terdapat tidak ciri-ciri protista, diantaranya yaitu protista menyerupai hewan, protista menyerupai tumbuhan dan protista menyerupai hewan. Penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Protista Menyerupai Jamur
Pengertian protista menyerupai jamur yaitu jamur protista dan perdator yang dapat menghasilkan spora. Sedangkan jamur parasit yaitu jamur air pengurai bersel satu atau uniseluer yang hidup pada perairan. 

Sementara itu, jemur fagosif atau predator yakni jamur lendir yang hidup mirip seperti dengan Amoeba. Dimana sel-sel jamur lendir ini adalah sekumpulan sel-sel yang imigrasi secara bersama dengan membentuk struktur mirip dengan Spora.

Sedangkan sebagai pengurai, jamur akan mengeluarkan enzim, yang dapat digunakan untuk merombak dan mencegah senyawa organis yang telah dihasilkan oleh organisme lain yang selanjutnya jamur akan menyerap produk dari hasil rombakan tersebut.

Protista menyerupai hewan

Disebut sebagai protista menyerupai hewan, sebab jenis protista ini memiliki sifat uniseluler dan heterotrofik, serta merupakan awal dari hewan yang lebih kompleks. Sehingga protista menyerupai hewan ini sering dikenal dengan istilah Protozoa.

Selain pengertian protista tersebut, beberapa ciri-ciri tubuh protozoa ini yaitu:
- Memiliki ukuran sekitar 10 hingga 200 mikon dengan banyak sel yang bervariasi, serta ada ya berubah dan ada yang tetap. Protozoa juga mempunyai alat gerak yang berupa pseudopodia, flagelum dan silia.

- Sel protozoa biasanya terdiri atas sitoplasam, vakuola, membran sel serta inti sel. Dimana membran sel berperan sebagai pelindung dan pengatur pertukaran gas serta makanan.

- Memiliki cara hidup secara heterotrof dengan memangsa jenis organisme, bakteri dan jenis protista lainnya. Dengan memangsa bakteri, maka protozoa berperan sebagai pengontrol jumlah bakteri pada alam.

- Umumya hidup secara berkoloni dan soliter dengan habitat yang beragam. Ada yang hidup di air tawar dan laut. sedangkan protozoa yang hidup pada tubuh manusia dan tubuh hewan hidup dengan cara bersimbiosis.




Protista Menyerupai Tumbuhan

Pengertian protista menyerupai tumbuhan yakni jenis protista atau gangga yang pernah digunakan dalam istilah untuk menyebutkan berbagai jenis tumbuhan air yang sederhana. Sehingga jenis protista ini disebut juga degan ganggang.

Selain pengertian protista menyerupai tumbuhan tersebut, ciri-ciri tubuh jenis protista ini yaitu:

- Jenis protista ini memiliki ukuran yang beraneka ragam, namun tidak dapat dilihat oleh mata dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Umumnya, ukuran gangga mikrospik yaitu 25 cm, misalnya Navicula.

- Ganggang atau protista menyerupai tumbuhan yaitu memiliki struktur dengan jenis sel multiseluler yang terdiri atas sel inti yang diselubungi oleh membran sel. Ganggang ini juga memiliki sel jenis kloroplas.

Dengan beberapa ciri serta pengertian protista tersebut tentunya bisa menambah pengetahuan Anda bukan? 

Nah itu lah artikel mengenai informasi tentang Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan