7 Reflek Pada Bayi Yang Harus Dikenali Sedari Lahir


Reflek adalah suatu gerakan yang bersifat involunter atau lebih dikenal dengan gerakan yang tidak disengaja. Tak hanya pada orang dewasa saja, bahkan gerakan reflek juga bisa dialami oleh bayi yang baru lahir. Reflek pada bayi sendiri biasanya terjadi akibat adanya hal yang spontan atau terjadi pada aktivitas bayi dalam sehari-hari.

reflek pada bayi, bayi, bayi usia 1 bulan sebesar apa, Bayi usia, reflek,
gambar reflek pada bayi

Adanya gerakan reflek yang terjadi pada bayi ternyata menjadi pertanda bahwa terdapat aktivitas otak dan saraf bayi yang normal. Memang, terdapat beberapa reflek yang hanya bisa dijumpai dalam waktu tertentu saja. Dan reflek pada bayi tersebut nantinya bisa menghilang dengan sendirinya ketika bayi mencapai usia tertentu.


Guna mengetahui gerakan reflek pada bayi apa saja, yuk simak beberapa macam gerakan yang wajib dipahami oleh para ibu.

1.      Rooting Reflek

Reflek pada bayi yang pertama adalah rooting reflex yang terjadi saat Anda menyentuh bagian pinggir mulut bayi Anda. Saat bagian tersebut disentuh, maka secara spontan bayi akan mengikuti arah sentuhan yang diberikan sembari membuka mulutnya. Sehingga hal ini pun bisa membantu saat bayi akan menyusui. Reflek pada bayi ini akan muncul dari bayi lahir sampai usia 3-4 bulan.

2.      Sucking Reflex (Reflek Menghisap)

Saat bagian atas atau pada langit-langit bayi disentuh, maka akan menunjukkan bayi tersebut akan mulai menghisap yang akan muncul saat usia 32 minggu masa kehamilan. Reflek pada bayi ditahap ini menjadi sempurna sampai dengan usia 36 minggu kehamilan. Untuk itu, pada bayi premature biasanya belum bisa melakukan gerakan menghisap dengan baik.

3.      Reflek Moro

Reflek ini akan muncul saat bayi terkejut, misalnya saja karena gerakan yang tiba-tiba atau suara yang berisik maka bayi Anda akan mengeluarkan reflek moro. Reflek pada bayi tersebut ditandai dengan gerakan menekukkan kaki atau memanjangkan lengannya. Reflek ini pun muncul sejak lahir sampai usia 4 bulan.

4.      Palmar Grasp Reflex (Reflek Menggenggam)

Reflek yang akan muncul saat Anda menyentuh bagian telapak tangannya. Saat telapak tangannya tersentuh maka gerakan reflek pada bayi yang terjadi yaitu dengan menutup jari-jarinya seperti menggenggam. Reflek ini pun akan muncul sejak lahir sampai usia 3-4 bulan.

5.      Asymmetric Tonic Neck Reflex

Saat kepala bayi menengok pada satu sisi, maka ia bayi tersebut akan memanjangkan lengan ke sisi yang sama. Begitu juga dengan lengan di sisi yang berlawanan maka akan ditekuk. Reflek pada bayi ini akan muncul sejak lahir dan bertahan sampai dengan usia 2 bulan.

6.      Stepping Reflex

Stepping Reflex juga sering disebut dengan dance/walking reflex dikarenakan bayi terlihat seperti menari atau berjalan saat diposisikan pada keadaan tegak dengan kaki berada di tengah. Reflek pada bayi ini pun muncul sejak lahir dan jelas terlihat setelah usia 4 hari.

7.      Reflex Babinski

Reflek ini muncul saat Anda menyentuh atau menggarukkan telapak kaki pada bayi Anda. Gerakan reflek yang ditunjukkan dengan jempol bayi akan mengarah ke atas. Tak hanya itu bahkan jari-jari di bagian kaki juga akan terbuka. Reflek ini pun akan bertahan hingga usia 2 tahun.

Bagaimana Jika Bayi Tidak Dapat Melakukan Gerakan Reflek di Atas?

Apabila bayi tidak mengalami reflek pada bayi di atas, bisa saja hal tersebut dikarenakan adanya trauma ketika proses kelahiran, suatu penyakit maupun pengaruh obat-obatan. Untuk itu, jika hal tersebut terjadi pada bayi Anda maka bisa memeriksakannya kepada dokter spesialis anak agar mendapat pemeriksaan lebih lanjut.




Nah itu lah artikel mengenai reflek pada bayi yang harus dikenali sedari lahir , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "7 Reflek Pada Bayi Yang Harus Dikenali Sedari Lahir"

Post a Comment