Ketahui Perkembangan dan Posisi Bayi Usia 7 Bulan (28 Minggu) Dalam Kandungan


Ketika usia kandungan sudah memasuki usia 7 bulan, maka hal tersebut sudah menunjukkan perkembangan janin sudah mendekati sempurna. Bisa dibilang, di usia kandungan 7 bulan ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil.

Ya, hal ini dikarenakan di usia tersebut bayi Anda sudah menyerupai manusia kecil yang berada di dalam rahim, sehingga semua organ yang ada pada janin pun sudah hampir sempurna dan hanya menunggu pematangan saja.

perkembangan bayi usia 7 bulan, perkembangan bayi usia 28 minggu, bayi, bayi dalam kandungan, posisi bayi dalam kandungan, perkembangan bayi dalam kandungan,
Gambar Perkembangan dan Posisi Bayi Usia 7 Bulan ( 28 Minggu ) Dalam Kandungan


Banyak dari para ibu hamil saat usia kandungan 7 bulan merasa penasaran mengenai posisi bayinya. Dan untuk mengetahui posisi bayi 7 bulan, maka hal yang tepat untuk dilakukan yaitu dengan pemeriksaan USG agar bisa melihat posisi bayi dengan jelas.

Terlebih lagi, saat usia kandungan sudah berada di trimester ketiga atau usia kandungan 7 bulan dan selanjutnya, maka perkembangan bayi juga akan mengalami pengingkatan. Begitu juga dengan posisinya yang akan berubah-ubah sejak usia kehamilan pertama sampai memposisikan jalan untuk melahirkan.

-          Posisi Bayi 7 bulan

Guna mengetahui pasti bagaimana posisi bayi ketika usia 7 bulan, Anda perlu melakukan pemeriksaan USG kurang lebih 2 kali dalam seminggu. Pemeriksaan USG ini penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan bayi Anda apakah akan lahir secara normal atau premature.

Secara normal, posisi bayi 7 bulan menunjukkan kepala berada di bawah sementara kaki berada di atas. Hanya dalam waktu dua bulan untuk menuju persalinan, posisi bayi pun akan bisa menyesuaikan.

Namun penting untuk diperhatikan apabila posisi bayi terbalik atau kondisi kepala berada di atas dan kaki di bawah (bayi sungsang), sehingga pada usia kandungan ini cukup sulit mendeteksi apakah bayi tersebut termasuk bayi sungsang atau normal kecuali dengan bantuan pemeriksaan USG.

Terdapat cara sederhana yang mendeteksi posisi bayi 7 bulan tersebut yakni dengan merasakan tendangan kaki bayi. Jika tendangan tersebut berada di bawah, maka kemungkinan bayi tersebut sungsang.

-          Perkembangan Janin 7 Bulan


1.      Jaringan lemak pada janin biasanya akan mengalami penumpukan dan disebut dengan verinix. Verinix ini akan menutupi kulit janin sehingga kulit tersebut tidak akan basah apabila terkena cairan ketuban. Selain itu, verinix ini membantu tubuh janin agar tetap terasa hangat.

2.      Otak beserta fungsinta sudah mulai berkembang dengan cepat dan sempurna. Bahkan otak juga sudah dilengkapi dengan sel saraf yang sudah terlapisi lemak agar proses penyampaian rangsangan dapat diterima dengan baik.

3.      Alat kelamin pun sudah mulai terlihat. Namun dalam tahap ini kelamin juga bisa berubah. Apabila janin berjenis kelamin perempuan, kemungkinan jenis kelaminnya bisa berubah menjadi laki-laki. Sementara jika jenis kelaminnya sudah terdeteksi laki-laki maka jenis kelaminya tersebut tidak akan berubah. Hal ini dikarenakan jenis kelamin terdeteksi perempuan bisa saja penisnya akan terlihat.

4.      Gerakan janin akan terasa lebih sering dan kuat. Dapat dirasakan oleh ibu hamil bahwa akan ada gerakan dari dalam perut yang lebih intensif.

5.      Rambut pada bagian kepala akan mulai tumbuh semakin lebat dari pada sebelumnya.

6.      Selaput yang menutupi bola mata jani akan menghilang

7.      Kelopak mata dan alis sudah mulai terbentuk lebih sempurna.


8.      Berat janin usia 7 bulan masih terbilang kurus yang hanya memiliki berat 1100 gram dan panjang 35 sampai 38 cm.

9.      Janin akan mulai merasa tidak nyaman saat berada di dalam rahim. Hal ini dikarenakan ukuran janin yang semakin bertambah sehingga janin pun akan merasakan kondisi rahim yang sempit.

Perlu diketahui bahwa janin yang dilahirkan pada usia 7 bulan mempunyai harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan usia kehamilan 6 bulan. Untuk itu, selalu jaga asupan nutrisi yang dibutuhkan selama menuju proses melahirkan dan menghindari stress.




Nah itu lah artikel mengenai Perkembangan dan Posisi Bayi Usia 7 Bulan (28 Minggu) Dalam Kandungan  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Ketahui Perkembangan dan Posisi Bayi Usia 7 Bulan (28 Minggu) Dalam Kandungan"

Post a Comment