Permainan Mengurus Bayi Edukatif Paling Mudah dan Wajib Dicoba

Saat usia anak-anak memang selalu dipenuhi dengan dunia bermain yang menyenangkan. Dunia bermain tersebut dikembangkan menjadi menjadi media belajar yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangkan mental si kecil.

permainan, mengurus, bayi, permainan edukatif, permainan mengurus bayi edukatif, permainan mengurus bayi, permainan mengasuh bayi, permainan mengasuh bayi di rumah, mengasuh bayi
Gambar Permainan Mengurus Bayi Edukatif


Agar bisa mencapai hal tersebut para orang tua harus bisa memilih permainan mengurus bayi yang tepat untuk membentuk pola pikir yang sesuai. Memilih mainan bayi juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Jangan hanya tertarik dengan tampilan atau modelnya yang menarik, namun Anda juga harus memperhatikan keamanan untuk si kecil.

Keamanan yang dimaksud bisa Anda perhatikan yaitu pada bahan pembuatannya apakah terbuat dari bahan yang berbahaya ataukah tidak. Hal ini penting diperhatikan mengingat bayi pada usia yang rentan untuk memasukkan ke dalam mulut, termasuk mainannya. Berikut beberapa permainan mengurus bayi untuk usia balita:


1.      Mainan Balok


Permainan mengurus bayi pertama yakni menyusun balok atau cincin gelang yang terbuat dari bahan kain atau plastik. Ajaklah si kecil untuk menyusun cincin dari yang terbesar sampai ke yang terkecil. Anda bisa mengajari dengan cara memasukannya ke jari, memutar atau melemparkannya.

Anda juga bisa mengajari bayi Anda dengan menyusun balok mainan dan membiarkannya untuk mengkreasikan sendiri. Cara ini bisa digunakan untuk melatih motorik halus seperti mengenalkan tekstur, bentuk dan warna pada si kecil.


2.      Mainan Papan Pasak


Anda juga bisa menggunakan papan pasak dengan ukuran yang besar untuk dibuat papan pasak beserta palunya yang terbuat dari bahan kayu. Permainan mengurus bayi  ini akan membantu si kecil untuk memukul pasak sampai pasak tersebut tenggelam. Model mainan ini sangat bagus untuk anak Anda terlebih untuk mengasah kemampuan motorik kasar.


3.      Mainan yang Ditabuh


Biasanya, mainan yang ditabuh bentuknya menyerupai drum kecil sehingga bisa menghasilkan suara. Bayi akan belajar menabuh-nabuhnya sehingga bisa mendengarkan bunyi yang dihasilkan dari mainan tersebut. Supaya lebih menyenangakan, Anda bisa mengiringi dengan tabuhan musik atau lagu yang berirama.

Tak hanya dapat membantu mengasah keterampilan motorik anak Anda, permainan ini juga bisa membantu dalam mengasah keterampilan musik si kecil.


4.      Puzzle Bayi


Ukuran puzzle bayi mungkin terlihat cukup besar dan terdiri dari 2 pasang puzzle saja. Anda bisa mengambil tema puzzle binatang, buah-buahan atau yang lainnya. Sementara untuk bahannya, sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari. Ajak anak Anda untuk memasangkan puzzle tersebut. Apabila sang anak merasa kesusahan, Anda bisa memberikan bantuan.


5.      Permainan Sambung Kata


Untuk permainan mengurus bayi bermain kata-kata akan memberikan edukasi terhadap kemampuan berbicara. Selain itu, permainan ini juga akan membantu mempertajam daya ingat seputar pertumbuhan otak anak.

Cara melakukan permainan ini dengan meminta anak Anda membuat kalimat dengan cara menggabungkannya pada setiap kalimat yang disebutkan langsung hingga menjadi cerita pendek. Dengan cara ini maka akan membantu ingatan si kecil menjadi terlatih.


6.      Permainan Tebak Benda Dalam Kantong


Permainan semacam ini bermanfaat untuk merangsang sistem motorik halus yang dilakukan dengan cara menggunakan indra peraba dan indra penciumannya. Anda bisa meminta anak Anda untuk memasukkan tangan ke dalam kantong lalu menebak benda apa yang berada di dalamnya secara benar.


7.      Permainan Bola


Guna meningkatkan daya konsentrasi maupun penglihatannya, Anda bisa memberikan permainan edukasi anak dengan menggunakan media bola. Cara melakukan permainan tersebut dengan melempar lalu menangkapnya. Permainan mengurus bayi dengan bola ini juga bisa memakai teknik menendang bola secara perlahan kepada anak Anda.

Sebenarnya, masih banyak permainan mengurus bayi yang bisa membantu tumbuh kembang si kecil. Dan dengan mengetahui beberapa contoh permainan di atas tentunya dapat mempermudah dalam melakukannya.







Nah itu lah artikel mengenai Permainan Mengurus Bayi Edukatif Paling Mudah dan Wajib Dicoba , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Permainan Mengurus Bayi Edukatif Paling Mudah dan Wajib Dicoba"

Post a Comment