Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya !


Bayi baru lahir satu dengan lainnya tentunya memiliki berat dan tinggi badan yang berbeda-beda. Secara rata-rata, bayi normal akan memiliki berat sekitar 2,5 kg sampai 4,5 kg. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan pada bayi misalnya nutrisi yang dikonsumsi ketika masa kehamilan, kesehatan dan keturunan.

tabel berat badan bayi ideal, cara menghitung berat badan bayi ideal, berat badan bayi ideal, bayi, berat badan bayi, berat badan, cara, cara alami, bayi ideal, bayi normal, bayi dalam kandungan, Bayi usia, kandungan, posisi bayi dalam kandungan, perkembangan bayi dalam kandungan,
Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya


Oleh sebab itu, saat hamil Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti buah dan sayuran agar bayi dapat lahir secara sehat dan ideal. Tak hanya itu saja, bahkan setelah melahirkan Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi agar pertumbuhan bayi semakin bagus.

Agar dapat selalu mengetahui perkembangan si buah hati, tabel berat badan bayi bisa Anda gunakan untuk memantaunya secara berkala. Dan berikut berat badan bayi ideal untuk usia bayi:

  • -          Usia bayi 0-3 bulan : 2,7 sampai 5,7 kg
  • -          Usia bayi 4-6 bulan : 5 sampai 7,4 kg
  • -          Usia bayi 7-9 bulan : 6,4 sampai 8,9 kg
  • -          Usia bayi 10-12 bulan : 7,4 sampai 9,9 kg


Begitu juga dengan usia bayi selanjutnya dengan melihat tabel berat badan bayi sebagai acuannya. Anda juga dapat menghitung sendiri rumusnya agar bisa mengetahui apakah berat badan bayi Anda ideal ataukah tidak. Cara menghitungnya pun mudah, berikut rumus yang digunakan :

  • -               Usia bayi dibawah 12 bulan : BBI = (n:2)+4
  • -               Usia anak 1-10 tahun : BB1 = (2n)+8

Keterangan : n = usia atau umur bayi.


Untuk memudahkan Anda dalam menghitung berat badan bayi Anda, berikut terdapat contoh yang bisa coba apabila tidak mengetahui tabel berat badan bayi yang ideal.

1.      Untuk Bayi Dibawah 12 Bulan

Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus yaitu (n:2) + 4 dimana n adalah umur bayi. Sebagai contoh Anda mempunyai bayi berumur 9 bulan dengan berat badan 7,4 kg.  Sehingga cara menghitungnya yaitu:
(n:2) + 4 = (9:2) + 4 = 4,5 +4 = 8,5

Dengan Anda mengetahui berat badan bayi Anda secara ideal yang harusnya 8,5 kg, Anda pun tak perlu cemas jika saat ini berat badan bayi Anda hanya 7,4 karena berat badan tersebut masih dikatakan ideal namun belum 100%. Meskipun begitu, Anda tetap harus meningkatkan berat badan bayi Anda agar bisa mencapai berat badan ideal 100% dengan memberikan asupan nutrisi yang baik.


2.      Untuk Bayi 1-10 Tahun

Apabila bayi Anda sudah memasuki usia lebih dari satu tahun dapat menghitungnya dengan rumus (2n) + 8. Misalnya saja sekarang usia bayi Anda 3 tahun 10 bulan dengan berat badan kurang lebih 14,8 kg, maka diperoleh rumus:
(2n) + 8 = (2(3,10)) + 8 = 6,20 + 8 = 7,8 + u = 15,8

Dengan melihat rumus di atas maka bisa diketahui bahwa berat badan ideal saat usia 3 tahun 10 bulan adalah 15,8 kg. Kemudian Anda bisa membandingkannya dengan dengan berat badan bayi Anda sekarang .


Anda tak perlu cemas berat badan 14,8 kg saat usia 3 tahun 10 bulan masih dikatakan ideal namun baru 80%. Untuk itu, Anda bisa menaikkan berat badan bayi Anda agar bisa menjadi ideal 100%. Caranya dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk membantu meningkatkan pertumbuhannya.

Selalu ketahui perkembangan buah hati Anda, apabila menjumpai perubahan nafsu makan dan mempengaruhi berat badan si kecil ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebabnya. Dalam mengurus anak, tentu Anda lah sebagai orang tua yang akan pertama kali mengetahui perubahan yang ada pada anak.






Nah itu lah artikel mengenai Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya !"

Post a Comment